Contoh Pidato Tema Persatuan Dan Kesatuan

Assalamu`alaikum Wr.Wb.
Alhamdulillah , wasyukurillah, a`la ni`matillah. Wassalatu wassamu ala rosulillah. Waala alihi waashabihi wama`walah.
 Amma ba`du,
Pertama-tama dan yang paling utama, marilah kita panjatkan puji serta syukur ke hadlirat Allah swt, atas berkat rahmat dan karunianya kita bisa bersama-sama hadir di tempat yang mulia ini dalam keadaan sehat wal afiat. Shalawat beserta salam semoga terlimpahcurahkan kepada junjunan kita, Habibana Wanabiyana Muhammad SAW tak lupa kepada keluarganya kepada tabi`it  tabiinnya dan mudah-mudahan kepada kita selaku umatnya.

Dewan juri yang saya hormati dan tak lupa rekan-rekan sekalian yang saya cintai. Pada kesempatan ini saya akan menyampaikan  pidato berjudul “Semangat Persatuan dan Kesatuan”.
Hadirin yang saya hormati dan rekan-rekan yang saya cintai

Negara kita yang tercinta ini, Republik Indonesia merdeka karena persatuan dan kesatuan. Tanpa adanya persatuan, tak akan ada yang namanya republik Indonesia. Maka kita harus berterima kasih kepada para pemuda yang pada tanggal 28 oktober 1928 telah mengikrarkan satu nusa, satu bangsa dan satu bahasa. Inilah hakikat persatuan Indonesia.

Persatuan dan kesatuan haruslah dijaga dalam kehidupan bernegara. Karena sebagaiman diketahu, negara kita ini dibentuk dari beraneka ragam suku, bahasa, adat istiadat, agama dan budaya. Tentu tak mudah untuk meyatukan perbedaan tersebut. Namun bukan juga sesatu yang tak mungkin dilaksanakan.

Hadirin yang saya hormati dan rekan-rekan yang saya cintai
Ada satu peribahasa yang berbunyi, bersatu kita teguh bercerai kita runtuh. Peribahasa ini menggambarkan kepada kita bahwa dengan persatuan dan kesatuan maka negara ini akan utuh, sebaliknya jika kita lebih mementingkan kehendak pribadi dan golongan maka tunggulah, satu saat negara ini hanya akan menjadi sebuah sejarah.

Persatuan dan kesatuan harus kita junjung di masyarakat. Karena dengan persatuan kehidupan masyarakat akan tertib dan teratur. Pembangunan akan berjalan dengan lancar dan memuaskan. Pekerjaan yang sulit akan mudah, sehingga rakyat akan maju dan negara Indonesia menjadi negara yang kuat.

Hadirin yang saya hormati dan rekan-rekan yang saya cintai
Kita sebagai generasi muda yang merupakan generasi penerus bangsa, hendaknya memupuk semangat persatuan dan kesatuan dari sekarang. Mari kita laksanakan semangat persatuan dan kesastuan di sekolah masing-masing. Hilangkan semangat perbedaan dan perpecahan. Ingat........tanpa persatuan dan kesatuan negara ini akan kacau balau dan mungkin bubar sebagaiman uni sovyet dulu. Apakah ingin . kita bubar?...... tentu tidak bukan?

Kita sebagai seorang pelajar marilah kita terapkan semangat persatuan di lingkungan rumah dan sekolah masing-masing. Marilah kita bersatu padu membangun negara ini sehingga Republik Indonesia kelak menjadi negara yang maju dan disegani di seluruh dunia.

Rupanya hanya sekian yang dapat saya sampaikan. Mohon maaf bila ada kata-kata yang kurang berkenan.
Wabillahitaufikwalhidayah. Wassalamu`alaikum Wr.Wb.

    Choose :
  • OR
  • To comment
1 comment:
Write komentar