Cara Pemesanan Tiket Kereta Api Secara Online

Mau bepergian dengan kereta tapi tapi sibuk untuk mengurus tiket? Tak usah bingung, sekarang membeli tiket kereta api sangat mudah. Tak perlu pergi ke loket di stasiun, cukup membuka Hp, tablet atau laptop. Sambungkan dengan internet , buka aplikasi penjualan tiket kereta, beres. Tak membutuhkan waktu lama. Dalam hitungan 3-5 menit kita sudah memiliki tiket kereta api. 

Ada banyak situs online yang menyediakan layanan pembelian tiket kereta api seperti situs resmi PT KAI,  traveloka, tiket com, tokopedia, pegi-pegi, bukalapak dll. Namun perlu diperhatikan bahwa memesan tiket secara online harus memperhatikan situasi dan kondisi. Di hari-hari tertentu seperti akhir pekan atau menjelang libur, kadang karcis sudah habis sebelum hari keberangkatan. Untuk situasi tersebut, tiket harus dipesan jauh hari agar tidak habis.

Masih bingung cara pemesanan tiket kereta secara online? Admin akan memberikan sedikit tutorial cara memberi tiket kereta api secara online melalui situs resmi PT KAI. 

  1. Nyalakan laptop, netbook atau smartphone dan hidupkan datanya. Buka mesin pencari seperti Google Chrome, Mozilla Firefok atau yang lainnya. Ketikan  alamat : https://www.kai.id/ dan klik enter atau cari. Bagi pemilik smartphone atau tablet bisa juga menggunakan aplikasi KAI Access yang dapat di download di Google play.
  2. Halaman resmi PT KAI akan terbuka. Di sebelah kiri terdapat menu pemesanan tiket. Isi stasiun awal, stasiun tujuan, tanggal berangkat dan jumlah penumpang dengan benar
  3. Akan muncul daftar rincian kereta mulai dari nama kereta, jam keberangkatan, jam tiba, durasi dan harga tiket. Pilih kereta sesuai kondisi keuangan. Perhatiakan juga ketersediaan karcis kereta api. Jika tiket kereta masih tersedia, menu pesan akan muncul. Namun apabila tiket telah habis, maka disana akan tertulis habis. Klik pesan dan kemudian isi kolom berikutnya.
  4. Jika memiliki akun, masukan nomor telepon atau email dan password yang dimiliki. Klik Masuk. Jika belum punya akun dan ingin memilikinya, klik registrasi. Namun jika tidak punya akun dan tidak berniat memiliki akun, pilih saja menu paling bawah "Pesan Tanpa Daftar".
  5. Muncul informasi reservasi kereta api, mulai dari Nama Kereta Api, Kelas, Asal, Tujuan, Berangkat, Tiba, harga tiket serta jumlah penumpang. Jika sudah benar centang kotak persetujuan di sebelah bawah dan klik lanjutkan.
  6. Isi Identitas penumpang di kolom tersedia dengan benar sesuai tanda pengenal (KTP, SIM atau Passport). Centang kotak saya bukan robot dan klik selanjutnya.
  7. Muncul informasi penumpang, informasi harga tiket dan pilihan untuk pembayaran tiket. Jika mau pindah tempat duduk, klik pindah dan pilih tempat duduk yang cocok. Apabila semua data sudah benar, pilih metode pembayaran. Kemudian klik selanjutnya. Jika mau membatalkan, klik batalkan.
  8. Lakukan pembayaran sesuai tipe pembayaran yang telah dipilih. Jika sudah terbayar, akan muncul kode booking. Kode booking juga dikirimkan ke email yang didaftarkan.  Catat kode booking tersebut untuk mencetak tiket kereta.
  9. Cetak tiket kereta di stasiun keberangkatan paling lambat satu jam sebelum keberangkatan.
Demikianlah cara memesan tiket di situs resmi PT KAI. Pembelian tiket kereta api di situs toko online lainnya juga tidak begitu berbeda dengan pemesanan tiket di PT KAI.

Cara Pemesanan Tiket Kereta Api Melalui HP Android
Tips Membeli Kereta Api di Hari Libur Nasional

    Choose :
  • OR
  • To comment
No comments:
Write komentar