Cara Pemesanan Tiket Kereta Api Melalui HP Android

Kereta api kini telah menjadi salah satu transportasi favorit bagi pengguna transportasi umum di Indonesia. Ini adalah buah manis dari kerja manajemen PT KAI yang berhasil mengubah kondisi kereta api yang semula kumuh, sarang pencopet, sering terlambat, berdesak-desakan, menjadi sarana transportasi yang aman, nyaman dan tepat waktu.

Salah satu aspek yang berubah dalam perkereta apian Indonesia adalah masalah pembelian tiket kereta api. Dulu, tiket kereta api hanya dijual secara langsung dan tanpa melihat ketersediaan kursi yanga ada (terutama untuk kelas ekonomi). Sehingga tak aneh bila jumlah penumpang yang masuk tidak sesuai dengan kapasitas tempat duduk. Banyak penumpang yang tidak kebagian tempat duduk dan hanya bisa berdiri di tengah-tengah kereta api.

Saat ini penjualan tiket dapat dilakuka secara online dan ofline. Jumlah tiket yang dijual disesuaikan dengan jumlah tempat duduk dalam gerbong kereta sehingga tidak akan ada penumpang yang tidak kebagian tempat duduk. 

Untuk pembelian tiket secara ofline, tiket dapat diperoleh di stasiun kereta api  atau di minimarket. Sedangkan secara online, tiket dapat dibeli di situs resmi PT KAI, traveloka, tiket.com, pegi-pegi dan lain-lain.

Untuk pengguna HP android, tiket kereta api dapat dibeli dengan menggunakan aplikasi kai Acces yang dapat didownload di google play store . Bagi yang masih bingung cara download dan proses pembelian tiket kereta api dengan aplikasi kai acces, di bawah ini disajikan langkah-langkahnya secara detail dilengkapi dengan gambar.
  1. Buka menu play store di HP
  2. Tulis di pencarian : kai acces, kemudian klik cari atau telusuri. Akan muncul ikon dan nama KAI Acces. Klik instal.
  3. Tunggu sampai proses download dan instalasi berhasil. Jika instalasi sudah berhasil, buka aplikasi dengan mengklik menu buka. 
  4. Setelah aplikasi terbuka, ada beberap menu yang bisa dipilih.  Ada Intercity Train (kereta antar kota), Local Train (kereta lokal) atau Airport Train (kereta bandara).
  5. Jika akan pepergian antar kota, pilih Intercity Train. Masukan nama stasiun asal, stasiun tujuan, tanggal keberangkatan, kelas kereta dan jumlah penumpang dengan benar. Mesti diingat bahwa untuk kereta api bisnis dan eksekutif, kereta api hanya singgah di stasiun besar saja sehingga dalam pencariannya jangan mengisi dengan nama stasiun kecil karena pasti tidak akan ditemukan. Akan muncul nama kereta api, jam berangkat, jam tiba serta besaran tiket yang harus dibayar. Pilih kereta sesuai kondisi keuangan yang tersedia.
  6. Masukan No HP atau Email serta password untuk login. Jika belum punya akun, klik daftar.
  7. Lengkapi formulir isian pendaftaran dengan benar. Setelah selesai, klik daftar.
  8. Buka email yang telah didaftarkan untuk memverifikasi pendaftaran. Klik link yang ada dalam isi email untuk verifikasi akun. Selanjutnya kembali masuk ke aplikasi kai acces.
  9. Login dengan no HP atau email serta password yang telah didaftarkan.
  10. Jika telah berhasil maka selanjutnya anda bisa melakukan pencarian tiket kereta api. Caranya sama saja dengan proses pencarian di situs web PT KAI.

    Choose :
  • OR
  • To comment
No comments:
Write komentar