Aplikasi Penilaian Kurikulum KTSP SD Dan Raport Sementara

Ada banyak aplikasi penilaian yang bisa anda temukan di internet. Dari mulai aplikasi yang sederhana sampai dengan aplikasi yang sulit. Semua tujuannya sama yaitu untuk membantu memudahkan guru mengelola nilai murid selama satu semester. Aplikasi penilaian cukup membantu meringankan tugas guru, karena dengan aplikasi ini di akhir semester guru tidak harus menghitung secara manual nilai-nilai yang dikumpulkan selama satu semester. Dengan memakai aplikasi penilaian, nilai akhir/nilai untuk rapor sudah siap tinggal memindahkan ke dalam Buku Laporan Pendidikan.

Kali ini saya juga tak ketinggalan untuk membagikan satu aplikasi penilaian yang cukup sederhana namun bisa digunakan untuk membantu meringkan tugas Bapak/Ibu guru dalam merekap nilai untuk rapor. Aplikasi ini sangat mudah digunakan dan bagi guru yang baru mengenal komputer pun tak akan kesulitan dalam dalam penggunaannya.
Ketika membuka aplikasi, jangan lupa klik dulu Enabel Conten yang ada di sebelah atas aplikasi. Selanjutnya silahkan ubah nama sekolah, kepala sekolah, guru siswa, KKM dan lainnya di Menu Data Utama. 

Di Aplikasi penilaian ini juga terdapat aplikasi Raport Sementara untuk kelas 1. Aplikasi Buku Lapor an Pendidikan Sementara sengaja dibuat karena biasanya pengadaan Buku Laporan Pendidikan cenderung selalu terlambat karena faktor birokrasi. Akibatnya kadang satu sampai dua tahun siswa kelas bawah belum bisa menerima Buku Laporan Pendidikan yang asli dan hanya menerima Buku Laporan Pendidikan Sementara.

Buku Laporan Pendidikan Sementara tidak perlu lagi ditulis secara manual. Asalkan Data Utama dan Nilai masing-masing pelajaran sudah terisi dengan benar, maka Buku Laporan Pendidikan sudah siap untuk dicetak. Sedangkan bagi guru kelas yang siswanya sudah memiliki Buku Laporan Pendidikan, maka yang diperlukan hanya sampai rekap nilai saja tidak perlu sampai mencetak raport.

Jadi, tunggu apalagi. Jika memang bisa dipermudah, mengapa dibikin susah. Untuk meringkankan beban kerja merekap nilai raport, sebaiknya gunakanlah aplikasi ini dari awal semester. Setiap melaksanakan ulangan, nilainya langsung masukan ke aplikasi. Di akhir semester, kita tak perlu lagi sibuk merekap nilai. Tinggal klik menu rekap nilai diaplikasi, nilai akhir/nilai lapor telah siap. Tinggal memindahkan ke dalam buku Raport. Bahkan untuk kelas 1 yang belum ada buku raportnya, tinggal print saja langsung Laporan Pendidikan Sementara dari aplikasi.

Nah,  bagi rekan yang tertarik mencoba aplikasi Penilaian KTSP ini silahkan downoad di link di bawah ini:

Aplikasi Penilaian KTSP Dan Lapor Sementara

Jika dalam aplikasi lapor tidak muncul nilai dalam bentuk huruf, maka fungsi terbilangnya harus diaktifkan dulu. Untuk mengaktifkan fungsi terbilang bisa ikuti penjelasannya dengan mengklik lingk di bawah.

Cara mengaktifkan Fungsi Terbilang di Excel

Demikian uraian tentang Aplikasi Penilaian KTSP ini semoga bermanfaat. 

    Choose :
  • OR
  • To comment
2 comments:
Write komentar
  1. Apakah saya boleh meminta pasword untuk unproyect sheet ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh. Hubungi saya lewat WA. Nomornya ada tercantum di aplikasi

      Delete