Cara Registrasi /Pendaftaran CPNS 2018

Pendaftaran CPNS 2018 resmi dibuka tanggal 26 September 2018. Pendaftaran dilakukan dalam satu pintu melalui portal : https://sscnakun.bkn.go.id/ . Bagi peminat yang berniat mendaftarkan diri pelajari dulu alur registrasi yang telah yang ada di situs sscn.bkn.go.id. Selain itu cari pengumuman CPNS dari masing-masing Instansi Pusat/Pemda/Pempov untuk melihat syarat serta formasi yang dibutuhkan sehingga nanti ketika melakukan pendaftaran di portal sscn.bkn.go.id tidak bingung memilih formasi yang diinginkan.

Langkah pertama dalam pendaftaran CPNS 2018 adalah membuat akun di sscn.bkn.goid untuk nanti dipergunakan untuk login ke halaman pendaftaran. Adapun tatacara membuat akun SSCN adalah sebagai berikuti :
  1. Persiapkan KTP, Kartu Keluarga, Paspor (untuk pelamar diaspora), Nomor Unik Identitas Atlet (untuk olahragawan berprestasi), Nomor Ujian Peserta K2(bagi pelamar K2).
  2. Masuk ke alamat : https://sscnakun.bkn.go.id/
  3. Pilih menu registrasi
  4. Pilih formasi Pendaftaran CPNS sesuai kondisi anda. Di sana ada pilihan formasi Umum dan formasi khusus. Jika anda tidak termasuk kepada formasi khusus, pilih formasi umum.
  5. Masukan NIK dan Kartu Keluarga serta masukan kode chaptcha. Kemudian klik lanjutkan.
  6. Selanjutnya isi data email yang masih aktif, password untuk masuk/login ke sscn.bkn.go.id dan pertanyaan keamanan. Catat password yang dimasukan karena nanti digunkan untuk login ke sscn.bkn.go.id.
  7. Unggah foto  3 x 4 dengan ukuran minimal 120 kb dan maksimal 200kb dengan format jpg atau jpeg.
  8. Terakhir cetak kartu informasi akun sscn.bkn.go.id.
  9. Registrasi akun sscn selesai. Ingat atau catat userid serta password untuk login ke sscn. 
  10. Setelah memiliki akun, selanjutnya adalah login ke sscn.bkn.go.id  dengan memasukan NIK dan password yng telah tadi didaftarkan ketika membuat akun SSCN. Lakukan pengisian pendaftaran dengan teliti agar tidak terjadi kesalahan.
  11. Setelah pendaftaran terkirim beserta bukti fisik berupa scan dokumen yang dipersyaratkan,  panitia pusat akan memferifikasi berkas yang telah dikirimkan dan pada waktunya akan diumumkan peserta yang lolos/yang dapat ikut tes cpns.
Catatan : Karena banyaknya pelamar yang membuat akun SSCN, seringkali proses pembuatan akun tidak bisa berlanjut karena server sibuk. Usahakan mendaftar di waktu yang diperkirakan server tidak sibuk, misalnya malam atau dinihari.

Baca JUga : Formmasi CPNS Beberapa Daerah di Jawa Barat

    Choose :
  • OR
  • To comment
No comments:
Write komentar