Belajar Mudah Membuat Grafik (Chart) di Microsoft Words

Menurut Wikipedia, Grafik, Bagan atau Chart (Bhs. Inggris) adalah representasi grafis dari data, di mana "data diwakili oleh simbol, seperti bar dalam diagram batang, garis dalam bagan garis, atau irisan dalam diagram lingkaran". [1] Bagan dapat mewakili data numerik tabular, fungsi atau beberapa jenis struktur kualitatif dan memberikan info yang berbeda. 

Bagan atau grafik digunakan untuk memperjelas penyajian data sehingga pembaca menjadi lebih jelas membedakan data satu dengan data lainnya. Grafik banyak digunakan di segala bidang, misalnya dalam laporan penelitian, perdagangan, perbankan, statistik dan lain-lain. 

Jika anda seorang mahasiswa, Dosen, Peneliti, Ekonom dan sebagainya tentu harus menguasai cara membuat grafik. Grafik dapat memperjelas penyajian data sehingga penelitian atau presentasi dapat lebih dimengerti audiens.

Untuk membuat grafik anda bisa membuatnya di Microsoft Words atau Excel. Kali ini admin akan menjelaskan cara membuat grafik di MS. Word.  Adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut: 

  1. Buka aplikasi Microsoft Words di laptop/komputer anda.
  2. Klik Menu Insert dan kemudian klik Chart

  3. Pilih jenis chart yang sesuai. Di sana banyak pilihan jenis grafik. Ada Kolom, Garis, Lingkaran, dll.
  4. Misalnya kita akan memilih kolom. Klik di salah satu pilihan dari kolom yang tersedia, kemudian tekan ok. Maka akan muncul dua jendela. Yang satu Microsoft Word , dan Microsoft Excel.
  5. Siapkan data yang akan dibuatkan grafiknya. Misalnya kita akan membuat grafik penjualan beras selama satu minggu. Hari senin terjual 25 kg, Selasa 30 kg, Rabu, 15 kg, Kamis 27 kg, Jum`at 40 kg dan Sabtu 35 kg. Ganti Tulisan kategori dengan nama-nama hari dari senin sampai sabtu. Tulisan series 1 ganti dengan kilogram. 
  6. Grafik yang tadi kita pilih di MS  Words, terdapat 3 buah grafik batang dalam satu bagiannya. Karena kita hanya punya satu data untuk tiap hari, maka dua grafik batangnya harus kita buang. Caranya, bawa kursor ke sudut kaan bawah garis yang berwarna biru sehingga muncul tanda panah sepertipada gambar. Untuk menghilangkan dua grafik batang tekan mouse sebelah kanan sambil membawa kursor sampai batas garis B seperti yang terlihat di gambar di bawah (Atau jika tidak menggunakan mouse, tekan navigasi laptop sebelah kanan sambil membawa kursor ke garis b).
  7. Masukan data penjualan beras yag terjual tiap harinya.
  8. Maka di Microsoft Word akan secara otomatis muncul grafik sesuai dengan data yang dimasukan. Jika data sudah benar, tutup jendela microsoft excel. 
  9. Jika akan mengedit kembali data, klik kanan di area grafik dan pilih edit data. Maka akan muncul kembali aplikasi MS Excel yang berisi data yang tadi kita masukan.
  10. Untuk memperbesar atau memperkecil grafik, bawa kursor ke sudut garis pinggir grafik sehingga muncul tanda panah. Bawa panah ke dalam untuk memperkecil atau ke luar untuk memperbesar grafik.
  11. Pembuatan grafik selesai. Untuk memperlancar coba kembali dengan memilih jenis grafik yang berbeda. Selamat mencoba.

    Choose :
  • OR
  • To comment
No comments:
Write komentar