Cara Memperkecil ( Crop ) Ukuran Foto Dengan Adobe Photoshop

Butuh file foto berukuran 3x4 atau 4x6 namun yang ada adalah foto ukuran besar? Tidak usah bingung atau pergi ke tukang foto lagi utnuk membuat foto baru. Jika kita masih memiliki foto yang layak dan masih relatif baru namun ukurannya belum sesuai kebutuhan, maka kita bisa mengecilkan ukuran gambar tersebut dengan aplikasi Adobe Photoshhop.

Aplikasi ini cukup terkenal dan biasanya ketika kita menginstal laptop/komputer di tempat instalasi, paket photosop selalu diinstal di laptop. Namun kebanyakan aplikasi ini jarang digunakan oleh pemilik/pengguna laptop standar (pengguna yang hanya menggunakan laptop untuk menulis atau membuka internet. Admin sendiri cukup jarang menggunakan photosop karena pekerjaan di sekolah cukup dikerjakan di Microsoft Words atau Microsoft Excel.

Mengecilkan ukuran foto dengan photosop cukup mudah tidak memerlukan waktu berhari-hari untuk mempelajarinya. Cukup dengan membaca uraian di bawah ini satu kali, selanjutnya anda pasti bisa melakukan Crop atau mengcilkan foto atau gambar milik anda sesuai kebutuhan. Untu lebih jelasnya, silahkan simak penjelannya di bawah ini:
  1. Buka aplikasi Adobe photosop di laptop atau komputer. Caranya klik menu star di desktop dan pilih adobe photosop.
  2. Setelah Photosop terbuka, klik file dan pilih open.
  3. Akan muncul kotak eksplorer. Cari folder  tempat penyimpanan foto yang akan kita perkecil.
  4. Jika foto sudah ditemukan, klik foto dan klik open. Foto tadi akan masuk ke halaman Photosop.
  5. Selanjutnya pilih gambar menu Crop dan ubah ukuran gambarnnya sesuai keperluan. Width artinya lebar dan Height artinya panjang. 
  6. Bawa kursor ke posisi gambar. Posisikan ikon crop disudut kiri dan sambil menekan mouse atau navigaor laptop sebelah kiri, tarik ikon crop ke arah kanan bawah sampai ukuran foto sesuai. 
  7. Jika foto sudah dirasa sesuai, pilih ikon / menu yang ada di paling atas barisan menu/ ikon photosop. Kemudian klik Crop.
  8. Sekarang ukuran foto sudah sesuai keinginan. Klik file, klik save as. Pilih lokasi foto hasil editan . Ganti nama foto agar foto aslinya tetap ada. Kita juga bisa memilih format foto. Bisa jpeg, bnp, png, photosop dll. Selanjutnya klik save.
  9. Mengubah ukuran foto telah selesai. Cukup mudah bukan?

    Choose :
  • OR
  • To comment
No comments:
Write komentar