Cara Mudah Belajar Microsoft Words Bagi Pemula

Microsoft Office Words adalah sebuah program komputer untuk alat pembuatan dokumen & pengolahan kata yang dikembangkan oleh Microsoft di dalam paket aplikasi kantoran mereka yaitu Microsoft Office yang didalamnya berisi Microsoft Word, Excel, Access, Powerpoint dan beberapa program lainnya. Aplikasi ini banyak digunakan oleh kalangan perkantoran, pebisnis, dosen, guru, mahasiswa dan orang-orang yang berkutat dengan pengolah kata.

Microsoft Words merupakan aplikasi pengolah kata yang paling banyak digunakan di seluruh dunia. Lebih dari tiga perempat komputer atau laptop di seluruh dunia terinstal aplikasi Microsoft Words di dalamnya. Hal ini menunjukan bahwa aplikasi MS Words merupakan aplikasi yang dapat memenuhi kebutuhan pengguna.

Menggunakan aplikasi Microsoft Words untuk keperluan sehari-hari tidak sulit jika kita mau sedikit belajar dengan sungguh-sungguh. Yang terpenting adalah selalu luangkan waktu untuk belajar Microsoft Words karena ada pepatah " alah bisa karena biasa".

Bagi yang ingin belajar Microsoft Words, admin akan menguraikan langkah-langkahnya dilengkapi dengan gambar untuk memperjelas dan memudahkan belajar. 


  1. Buka aplikasi Microsoft Words. Pilih Menu Page Layout (1)  dan selanjutnya klik tanda x di ujung kanan tulisan page set up (2) sehingga jendela page set up muncul. Atur margin dan jenis kertas yang akan digunakan. Top artinya atas, bottom = bawah, left = kiri dan right = kanan. Atur margin sesuai keperluan.
  2. Selanjunya pilih juga kertas yang akan digunakan untuk menulis dengan mengklik menu "paper" di jendela page set up. Klik panah di sebelah kanan kolom jenis kertas. Di sana ada banyak pilihan kertas. Ada A4, Letter. Legal dll. Untuk menulis dokumen, biasanya kertas yang digunakan adalah A4. Jika sudah selesai klik "Ok".
  3. Klik Menu Home. Pilih jenis huruf dan ukuran huruf dengan mengklik panah di sebelah kanan jenis huruf dan ukuran huruf. 
  4. Dalam penulisan paragraf, untuk kalimat awal biasanya sedikit menjorok ke dalam sekitar 1 -1,5 cm. Pindahkan panah kecil yang ada di sebelah atas ke sebelah kanan sejauh 1 sampai satu setengah cm.
  5. Sekarang tulislah satu atau dua paragraf artikel atau makalah di lembar kerja Microsoft Words. Atau tulis sebagaimana contoh di bawah ini.
  6. Atur perataan tulisan sesuai keperluan. Bisa rata kiri, rata tengah, rata kanan atau rata kiri kanan (justify). Agar tulisan terlihat indah, pilih pengaturan "justify"`. Blok dulu semua tulisan dan kemudian klik menu "justify.
  7. Jika ingin memasukan gambar ke dalam tulisan, klik menu insert - picture, sehingga muncul jendela eksplorer. Pilih lokasi gambar berada dan jika sudah ditemukan klik di gambar dan selanjutya klik insert.
  8. Lakukan kegiatan di atas berulang-ulang sampai lancar. Jika sudah lancar lanjutkan dengan mencoba menu lain yang ada di microsoft words.


    Choose :
  • OR
  • To comment
4 comments:
Write komentar
  1. terimakasih kakak atas ilmunya , semogah bisa saya praktekan dengan sebaik baiknya. jangan lupa kak kunjungi alamat web kampus saya ( https://www.atmaluhur.ac.id )
    nama saya leonardo antonius ( 1722500120 )

    ReplyDelete
  2. terima kasih kak. artikelnya sangat bermanfaat sekali semoga sukses selalu.
    kenalkan nama saya robuna kusmawati dari ISB Atma Luhur

    ReplyDelete
  3. Tutorial Microsoft Word diatas kurang lengkap ? Coba cek TUTORIALWORD.COM di Google. Dijamin lengkap dan mudah dipahami !

    ReplyDelete