Pengalaman Mengganti Kartu BPJS Kesehatan Di Kantor BPJS Ciamis

Ini adalah pengalaman istri saya mengganti Kartu Askes yang hilang entah dimana dan kapan hilangnya. Ia baru sadar kartu hilang ketika akan berobat ke Rumah Sakit Ciamis. Mengingat pentingnya kartu tersebut, maka pada hari jum`at, setelah shalat jumat  saya mengantar istri saya menuju Kantor BPJS Ciamis yang beralamat di Jalan Kiai Ahmad Dahlan No 50 Gayam Ciamis.

Sebelum berangkat, saya googling dulu di internet mencari syarat - syarat yang diperlukan untuk mengganti kartu Askes yang hilang. Berdasarkan informasi di internet, syarat untuk mengganti kartu Askes/BPJS yang hilang adalah sebagai berikut :
  1. Fotocopy KTP
  2. Fotocopy Kartu Keluarga
  3. Surat pernyataan kehilangan( format ada di kantor BPJS, pemohon hanya perlu membawa materai 6000) atau bisa juga minta surat keterangan kehilangan Kartu BPJS dari polsek setempat.
  4. Nomor Askes/BPJS ( ini tidak harus ada bukti fisik, yang terpenting harus ingat nomor Kartu yang hilang  karena ada isian Nomor Kartu Askes/BPJS di Surat Pernyataan)
Setelah semua berkas ada, saya pun berangkat bersama  istri. Sampai di kantor BPJS ciamis pukul 13.30. Kami bertanya kepada satpam prosedur penggantian Kartu BPJS/Askes yang hilang. Oleh Pak Satpam kami diberi 1 lembar kertas yang  berisi surat pernyataan yang harus ditempeli materi 6000 . Di dalam surat pernyataan tersebut ada isian nama, TTL, alamat dan Nomor Kartu Askes/BPJS yang hilang.

Setelah itu kami mencetak nomor antrian. Ada beberapa kode tiket yang harus dipilih sesuai dengan kepentingannya. Untuk penggantian kartu bpjs, kode tiketnya adalah B dan loketnya adalah loket 2. Nomor yang kami dapat adalah B.46.

Kami cukup beruntung karena nomor yang dipanggil sudah dekat dengan nomor B.46. Setelah menunggu lebih kurag lima menit, nomor B.46 dipanggil. Istri saya menyerahkan semua berkas yang telah dipersiapkan. Hanya butuh waktu sekitar 3 menit, kartu BPJS pengganti telah ditangan istri saya.

Demikianlah pengalaman istri saya mengganti Kartu Askes/BPJS yang hilang. Cukup mudah dan tidak memerlukan waktu yang lama.

    Choose :
  • OR
  • To comment
No comments:
Write komentar