Cara Cek Nomor Induk Siswa Nasional (NISN)

Suatu pagi di akhir Bulan Desember 2018, saat masih dalam suasana libur akhir semester ganjil, seorang teman mengirim pesan. Isinya menyatakan bahwa ada alumni sekolah tempat saya bertugas yang meminta solusi atas permasalahan NISN nya yang ternyata ketika dicek adalah milik orang lain. Lho kok bisa?

Siswa tersebut sekarang sudah ada di SLTA dan baru ketahuan NISN nya salah ketika dicek oleh operator sekolah tempat siswa tersebut sekarang sekolah. Mengapa bisa sampai salah? apakah ketika di sekolah dasar operator sekolah tidak pernah mengecek NISN siswa?. Dan mengapa di SLTP juga tidak terdeteksi kesalahan tersebut?

Kesalahan tersebut tentu tidak akan terlupakan sampai beberapa tahun  jika sejak awal  semua peduli terhadap pentingnya NISN ini. Mengecek NISN siswa bukanlah sesuatu yang sulit . Bisa dilakukan oleh siapa saja, tak hanya oleh operator sekolah saja. Hanya perlu sedikit meluangkan waktu dan jaringan internet yang bagus. Jika ada kemauan pasti semua bisa, termasuk oleh orangtua siswa yang bersangkutan. 

Apakah Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) itu ? Nomor Induk Siswa Nasional adalah, kode pengenal identitas siswa yang bersifat unik, standar dan berlaku sepanjang masa yang dapat membedakan satu siswa dengan siswa lainnya di seluruh sekolah Indonesia dan Sekolah Indonesia di Luar Negeri; Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) diberikan kepada setiap peserta didik yang bersekolah di satuan pendidikan yang memiliki NPSN dan terdaftar di Referensi Kemendikbud.

Mengingat betapa pentingnya NISN tersebut, tak ada salahnya jika orangtua siswa juga proaktif mengecek NISN putra putrinya agar terhindar dari kesalahan. Jika sudah salah dan sudah tertulis di dokumen ijazah atau dokumen lainnya akan sangat sulit untuk mengubahnya. Caranya gampang dan tak terlalu banyak memakan waktu. Di bawah, ini admin akan menjelaskan langkah-langkah mengecek NISN disertai dengan gambar untuk memudahkan. 
  1. Buka alamat : http://nisn.data.kemdikbud.go.id/page/home . Jika laman telah terbuka, klik menu `Data Siswa`.
  2. Masukan NISN Siswa di kotak tersedia dan klik cari. Jika NISN yang dimasukan benar, akan muncul data siswa yang benar. Jika ternyata muncul data siswa yang salah, maka secepatnya lakukan perbaikan.
  3. Pencarian bisa juga dilakukan berdasarkan nama. Masukan nama siswa, tempat lahir dan tanggal lahir. Klik cari.
  4. Jika nama siswa, tempat lahir dan tanggal lahir  yang dimasukan benar, akan muncul NISN siswa.
Demikianlah cara cek NISN siswa. Cukup mudah bukan?

    Choose :
  • OR
  • To comment
No comments:
Write komentar