Aplikasi Rapor K13 SD Semester 2 Kelas 1 s/d Kelas 6

Penerapan Kurikulum 2013 berimplikasi kepada berubahnya sebagaian besar administrasi guru di sekolah. Salah satunya adalah Laporan Pendidikan Siswa atau disingkat Rapor Siswa. Rapor Siswa yang biasa dipakai dalam Kurikulum KTSP tidak bisa digunakan untuk Kurikulum 2013. Hal ini disebabkan penilaian di kurikulum 2013 lebih komplek  . 

Berkaitan dengan hal tersebut, maka diperlukan Buku Laporan Pendidikan Baru untuk Kurikulum 2013. Namun sampai saat ini pemerintah belum mengeluarkan Buku Laporan Pendidikan Tersebut. Akibatnya, di akhir tahun ajaran guru harus mencari aplikasi alternatif guna memenuhi kebutuhan akan rapor siswa di sekolah.

Untuk SMP , SMA dan SMK, Kemdikbud melalui Direktorat Pembinaan SMP, SMA dan SMK telah mengeluarkan aplikasi e-Rapor , sehingga Rapor Siswa untuk SMP, SMA dan SMK seragam. Berbeda dengan SD, karena belum adanya e-Rapor, maka aplikasi rapor yang digunakan sangat beragam.


Namun keberagaman itu tidak bisa dihndari karena memang Kemdikbud belum merilis versi resmi e-Rapor untuk SD. Untuk hal ini (aplikasi rapor SD) kita harus berterima kasih kepada rekan-rekan guru yang dengan sukarela membuat aplikasi rapor dan dibagikan secara gratis kepada siapapun yang membutuhkannya. Mudah-mudahan amal mereka mendapat balasan yang setimpal oleh Allah SWT. Amiin.

Salah satu aplikasi rapor yang akan admin bagikan adalah aplikasi rapor yang dibuat oleh Bapak Umar Tholib, S..Pd. (Kang Martho). Beliau adalah seorang guru juga seorang blogger dengan alamat blog: https://www.kangmartho.com/ . Aplikasi rapor karya Kang Marto ini dibagikan oleh beliau secara gratis di blognya.

Ada beberapa penyesuaian yang dilakukan admin pada aplikasi rapor ini. Misalnya saja untuk mapel mulok yang asalnya Bahasa Jawa, Bahasa Inggris dan TIK diganti dengan Bahasa Sunda, Bahasa Inggris dan Karawitan (disesuaikan dengan kondisi sekolah di Jawa Barat). Selain itu, tata letak print out rapor diedit karena admin merasa kolom-kolom mata pelajaran terlalu luas sehingga menyisakan tempat yang kosong  dan sangat tidak enak dilihat.

Meskipun masih terdapat beberapa kekurangan, tapi menurut admin aplikasi ini cukup layak untuk dijadikan aplikasi rapor di sekolah. Jikapun ada kekurangan, dapat dilakukan pengeditan karena pembuat rapor juga memberikan password (jika anda mengerti excel dan rumus-rumus excel).

Bagi anda yang membutuhkan aplikasi rapor karya Kang Marto yang telah diedit/disesuaikan dengan kondisi sekolah SD di Jawa barat, silahkan klik link download di bawah ini!


Cara Penggunaan Aplikasi

Ketika pertama kali membuka aplikasi di Microsoft excel, jika pengaturan makro setting tidak diaktifkan dalam pengaturan, maka tampilan aplikasi akan tampak seperti di bawah ini:


  1. Klik kolom yang bertuliskan Enabel Editing. Tunggu beberapa detik sehingga halaman otomatis terefresh.
  2. Klik sekali lagi kolom tadi yang sekarang tulisannya berubah menjadi Enabel Content
  3. Akan muncul jendela selamat datang dan foto pembuat aplikasi. Klik tanda silang  (x) di sudut kanan atas untuk menghilangkan jendela tersebut
  4. Selanjutnya Klik kontinue jika muncul jendela dialog seperti gambar di bawah
  5. Maka aplikasi sekarang siap digunakan.
  6. Setelah menutup aplikasi dan kemudian kita membuka kembali di lain waktu, akan muncul jendela dialog seperti di bawah ini. Klik update  untuk melanjutkan

    Choose :
  • OR
  • To comment
3 comments:
Write komentar
  1. Thanks bro...sangat membantu Guru Bahasa Inggris.

    ReplyDelete
  2. password untuk unprotectnya apa yaaa

    ReplyDelete
  3. Banyak terimakasih untuk applikasinya karena sangat memudahkan pekerjaan kami.Banyak berkat bagi anda, salam !!!

    ReplyDelete