Cara Verval Data Mapel PKP di Sim GPO Tahun 2019

Dibulan Juli tahun 2019, Program pengembangan kompetensi guru yang difasilitasi oleh dirjen guru melalui situs SIM GPO terdapat perubahan istilah dari PKB (pengembangan Kompetensi Berkelanjutan ) menjadi PKP (Pengembangan Kompetensi Pembelajaran).

Hal ini terlihat ketika kita pertama kali membuka aplikasi SIM GPO awal bulan Juli tahun 2019. Disana, ketika pertama kali situs terbuka ada halaman awal yang berisi verifikasi dan validasi mata pelajaran utama yang diampu di sekolah sesuai dengan kuurikulum 2013

Di bawah ini akan diuraikan cara verifikasi dan validasi data mapel PKP tahun 2019 dilengkapi dengan gambar. Bagi yang masih bingung cara verval pkp 2019 silahkan simak uraiannya.
  1. Buka laman atau situs SIM GPO di alamat : https://paspor-gtk.belajar.kemdikbud.go.id/casgpo/login . Login menggunakan user id dan passwor yang telah kita miliki sebelumnya. Jika lupa user id dan password, silahkan tanyakan kepada ketua komunitas ataau operator dinas.
  2. Di halaman awal akan langsung ditampilkan jendela verifikasi dan validasi data mapel PKP 2019. Sebaiknya isian data mapel yang dimasukan sama dengan data mapel tahun 2018 karena jika data mapel berubah anda harus ikut pretes ulang. Bagimana jika anda guru kelas dan berpindah mengajar dari bawah kelas awal ke kelas atas? apakah harus mengubah mapel?....Saran admin sih tetap saja data mapelnya jangan diubah karena kalau diubah harus ikut pretes lagi.
  3. Untuk mengisi data mapel klik gambar pensil sehingga jendela pilih mata pelajaran tampil. langkah pertama klik panah kecil di sebelah kanan tulisan `Pilih Mata Pelajaran`.. Selanjutnya tulis nama mapel di kolom sehingga akan muncul nama mapel di bawahnya. Klik di nama mapel yang sesuai. Jika isian telah sesuai, klik pilih.
  4. Jika mapel yang anda ampu tidak ada, di kolom tulis lain-lain dan kemudian tulis nama mapel secara manual di kotak di bawahnya. Jika isian telah sesuai, klik pilih.
  5. Selanjutnya klik simpan. Selesailah verval data mapel PKP untuk tahun 2019.
  6. Bagaimana jika anda pindah jenjang , misalnya tahun 2018 mengajar di SD tahun 2019 pindah ke SMP. Langkah pertama hubungi ketua komunitas agar nama anda dikeluarkan dari komunitas. Kemudian lakukan verval. Isi mapel disesuaikan dulu dengan mapel di tempat tugas terdahulu. Setelah tersimpan, gulir laman SIM GPO ke bawah ke menu profilku. Klik menu profilku. Edit data satminkal ( tempat tugas) dan data mapel sesuai kondisi terbaru dengan mengklik gambar pinsil.
  7. Pertama ubah dulu data tempat tugas mengajar dengan mengklik gambar pinsil dii isian Satminkal.
  8. Tulis nama sekolah di kotak pencarian dan tekan enter. Setelah muncul nama sekolah , pilih sekolah yang sesuai.
  9. Setelah nama sekolah berubah, lakukan perubahan pada data isian mapel.
  10. Isi data mapel sesuai mapel yang diampu di seekolah baru.

  11. klik pilih dan klik simpan. Jika ada notifikasi untuk konfirmasi ke dinas pendidikan setempat, lakukan konfirmasi sesuai petunjuk


    Choose :
  • OR
  • To comment
5 comments:
Write komentar
  1. untuk mengganti nama ketua mgmp bgaimana pak ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apakah hal tersebut karena anda pindah/mutasi atau ketua mgmpnya diganti? Jka anda yang pindah, maka harus minta untuk dikeluarkan dari komunitas lama ke ketua mgmp dan kemudian hubungi ketua mgmp di tempat baru untuk masuk komnitas . Tapi Jika maksudnya ketua mgmpnya yang ganti, maka itu harus menghubungi admin dinas karena admin dinas yang bisa mengganti nama ketua mgmp

      Delete
  2. sim GPO dengan sim PKB sama atau beda ya, mohon penjelasan

    ReplyDelete
  3. sy sudh prnh proses pindah induk satminkal dr SMP X ke SMP Y.
    sudah lulus pretes PPG mapel mulok.
    saat ini sy ingin memproses pindah induk sekolah lagi ke jenjang SD sbgai guru kelas,namun menu edit di klik tidak aktif.mhon solusinya supaya sy dpat melanjutkan data sim gpo.
    kalau sprti itu kasusnya,sy nnti perlu tes ulang dr UKG atau ckup tes ulang pretes PPG nya?
    note: ijazah s1 punya 2 (S.Pd mulok dr univ X , dan S.Pd PGSD dr univ Y)
    terimakasih

    ReplyDelete