Pengalaman Naik Kereta Api Mutiara Selatan Premium Dengan Harga Diskon

Kereta api adalah salah angkutan umum yang menjadi  pavorit saya jika bepergian jarak jauh. Rasanya ada sensasi tertentu jika bepergian menggunakan kereta api. Selain anti macet, kondisi kereta api sekarang ini bikin ketagihan karena kenyamanannya. Ditambah lagi, sejak masa kuliah dulu saya adalah pengguna setia kereta api. Jadi boleh dibilang saya cinta mati sama kereta api.

Padahal jenis kereta api yang pernah saya gunakan sampai saat ini hanyalah kelas ekonomi saja yang tempat duduknya berhadap-hadapan (seperti kereta api serayu). Keinginan untuk menjajal kereta api kelas eksekutif atau bisnis sebenarnya sudah lama terpendam dalam hati saya. Namun mengingat ongkos yang harus  dikeluarkan cukup menguras dompet, keinginan tersebut belum dilaksanakan. 

Kesempatan untuk mencicipi kereta api jenis eksekutif atau bisnis akhirna datang juga. Ini setelah saya tahu bahwa ternyata PT KAI memberi diskon ongkos kereta api menjelang dua jam keberangkatan. Misalnya saja, ongkos kereta api Mutiara Selatan kelas eksekutif dari Ciamis  ke Bandung ongkosnya RP 300.000,-  dan kelas ekonomi premium Rp. 195.000,. Nah, dua jam menjelang keberangkatan, jika masih ada karcis yang tersedia maka PT KAI akan menurunkan besaran ongkos menjadi Rp. 80.000- untuk kelas eksekutif dan Rp. 70.000,- untuk kelas ekonomi premium.

Kebetulan sekali di bulan Juli ada keperluan ke Bandung, jadi saya putuskan untuk untuk menggunakan kereta api eksekutif Mutiara Selatan jurusan Malang - Bandung. Ini bisa diibaratkan sekali mendayung dua tiga pulau terlampaui. Tujuan utama saya tercapai, keinginan mencicipi kereta api kelas eksekutif juga terlaksana.

Sesuai rencana yang telah disusun, pada hari Kamis tanggal 11 Juli 2019 pagi saya akan berangkat ke Bandung menggunakan kereta api Mutiara Selatan. Pukul tiga saya sudah buka laptop untuk pesan tiket kereta secara online di situs PT KAI. Berdasarkan perhitungan,  jika kereta tiba di Ciamis pukul 05.07 pagi, maka jika dikurangi dua jam maka harga diskon akan dimulai pukul 03.07 dinihari.

Ketika waktu sudah menunjukan pukul tiga lebih sepuluh menit,  ternyata benar bahwa ongkos kereta api Ciamis-Bandung turun. Untuk eksekutif RP. 80.000 dan Ekonomi Premiun Rp. 70.000. Hanya disayangkan, untuk kelas eksekutif kursinya sudah habis . Jadi yang tersedia hanyalah kelas ekonomi premium. Mau tidak mau, daripada tidak sama sekali saya mengambil tiket kelas ekonomi premium.

Masalah lain muncul, ketika akan mengklik pesanan, ternyata tidak bisa membuka. Tapi ketika dicoba di aplikasi KAI acces di smartphonne ternyata bisa. Jadi kesimpulannya, harga diiskon tersebut hanya bisa diakses dari smartphone dan menggunakan aplikasi KAI Acces, tidak bisa melalui web di komputer atau laptop. Proses pembelian tiket melalui online tidak memakan waktu yang banyak. Setelah membayar melalui internet banking akhirnya tiket sudah di tangan.

Setelah sukses memesan tiket dan mendapatkan kode booking, saya selanjutnya berkemas untuk berangkat. Posisi stasiun kereta api Ciamis sekitar 15 km dari rumah. Butuh waktu 20-30 menit dengan menggunakan motor atau mobil untuk sampai ke tujuan.

Tiba di stasiun, pertama yang dilakukan adalah mencetak tiket di komputer yang disediakan. Tinggal masukan kode booking, cari dan setelah data muncul klik cetak.  Mudah dan praktis. Selanjutnya tinggal menunggu kereta datang.

Beberapa saat menunggu kereta akhirnya datang. saya mencari gerbong sesuai tiket yaitu Premium 1 Nomor 8 A. Tralala.....ternyata saya baru tahu bahwa kursi kereta api Mutiara Selatan kelas Ekonomi Premium berbeda dengan kursi kelas ekonomi di kereta api Serayu. Jika di serayu kursinya adalah kursi mati dengan posisi berhadap-hadapan dan saling membelakangi, di kerata api Mutiara Selatan Kelas Ekonomi Premium, kursinya lebih pleksibel bisa diatur kemiringannya serta satu arah. Hanya saja posisi duduknya saling berhadapan langsung ada di nomor 10 dan 11. Jadi dari no 1-10 kursi  menghadap ke barat dan no 11-20 menghadap ke timur.
Beruntungnya ternyata kursi Nomor 8A posisinya searah dengan arah kereta maju sehingga saya tidak harus duduk membelakangi arah kereta. Jika saja kebagian nomor 11 sampai 20 maka dapat dipastikan saya harus menghadap ke belakang berlawanan arah dengan jalan kereta api.

Bagi saya yang terbiasa dengan hal-hal yang sifatnya kelas ekonomi, naik kereta api Mutiara Selatan Kelas Ekonomi Premium cukup nyaman. Kursi tempat duduk bisa diatur kemiringannya dan busa kursi juga cukup empuk, Sangat berbeda dengan kursi kereta di kelas ekonomi biasa yang berupa kursi statis dan tempat duduknya keras.

Dengan kenyamanan tersebut waktu tempu 3 setengah jam dari Ciamis ke Bandung tidak teras melelahkan. Apalagi pemandangan di sepanjang jalan yang cukup menyegarkan membuat segala stres di kepala menguap entah kemana.

Mungkin satu saat saya akan mencoba lagi untuk naik kereta api Kelas eksekutif atau bisnis dengan harga ekonomi.

    Choose :
  • OR
  • To comment
No comments:
Write komentar