Cara Membuat Kelas Maya Di Portal Rumah Belajar

Rumah belajar adalah portal pendidikan yang menyediakan bahan belajar serta fasilitas komunikasi yang mendukung antar komunitas. Dengan menggunakan rumah belajar, kita dapat belajar dimana saja, kapan saja dan dengan siapa saja. Seluruh konten yang ada di rumah belajar dapat diakses dan dimanfaatkan secara gratis.

Selain dapat dimanfaatlan oleh peserta didik, Portal Rumah Belajar juga dapat dimanfaatkan oleh guru untuk membuat kelas maya. Di kelas maya ini guru bisa mengupload materi/bahan ajar, tugas, kuis dan soal ujian. Kelas maya ini bermanfaat untuk menanggulangi keterbatasan waktu yang dimiliki oleh guru dalam penyampaian materi di sekolah. Dengan adanya kelas maya, siswa dapat mengakses materi pelajaran di rumah secara mandiri.

Di bawah  ini akan diuraikan cara membuat kelas maya di Portal Rumah Guru. Dengan tutorial ini diharapkan guru dapat memanfaatkan Kelas Maya sebagai sarana kegiatan belajar dan sarana untuk meningkatkan partisipasi siswa dalam kegiatan belajar dengan memanfaatkan kemajuan IT.

A. Daftar Sebagai Penyelenggara

Untuk dapat membuat kelas maya, langkah pertama yang harus dilakukan adalah mendaftarkan sekolah sebagai penyelenggara kelas maya. Proses pendaftarannya sebagai berikut: 
  1. Masuk ke Portal Rumah Belajar yang beralamat di : https://rumah.belajar.kemdikbud.go.id . Setelah portal terbuka, gulir halaman ke bawah sampai di menu kellas digital. Klik tulisan Coba Sekarang;
  2. Setelah kelas digital terbuka, selanjutnya pilih menu daftar.
  3. Selanjutnya klik menu daftar sebagai penyelenggara.
  4. Isi kolom pendaftaran dengan benar. Setelah semua kolom terisi klik daftar. Tunggu sampai pendaftaran disetujui oleh admin Portal Rumah Belajar.
  5. Setelah pendaftaran sekolah peyelenggara disetujui, selanjutnya guru-guru yang ada di sekolah tersebut bisa mendaftar dan membuat kelas maya.
B. Daftar Sebagai Guru
  1. Masuk ke Portal Rumah belajar. Pilih menu Kelas digital, klik daftar. Pilih daftar sebagai guru.
  2. Isi kolom pendaftaran dengan benar. Selanjutnya klik daftar.












C. Membuat Kelas Maya
Jika telah berhasil mendaftar sebagai guru, langkah selanjutnya adalah memebuat kelas maya. Adapaun caranya adalah sebagai berikut:
  1. Login di menu kelas maya. Gunakan user id dan password yang telah didaftarkan tadi.
  2. Setelah akun guru terbuka, klik menu tambahkan kelas. 
  3. Kolom isian kelas akan muncul. lakukan pengisian dengan benar.
  4. Kata kunci adalah password untuk pendaftaran siswa di kelas tersebut. 
  5. Selanjutnya lengkapi data kelas yang masih kosong seperti  tujuan pembelajaran, sasaran siswa dan nilai. 

  6. Jika sudah lengkap klik simpan. Selanjutnya tinggal menambahkan modul, tugas, dan soal ujian. Untuk memasukannya tinggal mengklik menu yang ada di kelas yang telah kita buat.
  7. Jika kelas yang kita buat telah lengkap, selanjutnya adalah memasukan siswa ke dalam kelas. Untuk bisa masuk ke kelas, siswa terlebih dahulu harus memiliki akun.
C. Membuat Akun Siswa
  1. Masuk Portal Rumah Belajar, pilih kelas digital. Klik menu daftar.
  2. Daftar sebagai siswa. Isi kolom pendaftaran dengan benar. Klik daftar.
  3. Setelah siswa memiliki akun, siswa selanjutnnya login dengan menggunakan akun masing-masing. Masukan user id dan password yang telah didaftarkan.
  4. Selanjutnya pilih menu cari kelas. Tulis nama kelas yang telah dibuat guru. Tulisan kelas harus sama persis agar kelas yang dimaksud muncul. Jika kelas tidak muncul, 
  5. Klik di kelas yang muncul. Lakukan pendaftaran. Jika diminta kata kunci, masukan kata kunci yang telah dibuat di akun guru.
  6. Setelah siswa mendaftar kelas yang dibuat guru, siswa dapat mengakses kelas tersebut.

    Choose :
  • OR
  • To comment
1 comment:
Write komentar
  1. Terimakasih infonya, sangat membantu,.
    Kunjungi juga http://bit.ly/2lEPPoV

    ReplyDelete