Mau Bimbel Gratis? : Gunakan Portal Rumah Belajar

Tahukah anda tentang Rumah belajar?


Jika pertanyaan di atas ditanyakan pada siswa sekolah atau orangtua siswa, sebagian besar jawabannya pasti tidak tahu. Tapi jika ditanyakan : Tahukah anda apa itu Ruang Guru? sebagian besar siswa atau orangtua pasti akan menjawab tahu.

Mengapa hal tersebut bisa terjadi? Tak perlu heran jika Ruang Guru lebih populer daripada Rumah Belajar. Ruang Guru adalah Portal layanan bimbingan belajar secara online yang dikelola secara profesional dengan modal yang besar sehingga mereka mampu beriklan secara besar besaran di televisi dan media massa. Sedangkan Rumah Belajar adalah Portal layanan bimbingan belajar yang dikelola oleh kemdikbud. Secara modal dan pengelolaannya masih jauh berada di bawah Ruang Guru.

Namun meskipun demikian, portal Rumah Belajar menawarkan sesuatu yang tidak bisa diberikan oleh portal Ruang Guru, yaitu gratis. Siapapun boleh menggunakan atau memanfaatkan portal Rumah Belajar tanpa perlu membayar.

Apa dan bagaimana cara memanfaatkan portal Rumah Belajar?

Rumah belajar adalah portal pendidikan yang memberikan layanan pendidikan secara online. Di rumah belajar kita bisa belajar secara mandiri secara online. Belajar bisa dilakukan di manapun asal ada sinyal internet. Rumah belajar dapat berfungsi sebagai sumber belajar bagi siswa Paud, SD, SMP, SMA, SMK atau umum. Rumah belajar juga bisa digunakan oleh guru untuk mencari media pembelajaran berbasis IT.

Cara menggunakan Rumah belajar, kita tinggal masuk ke alamat :  https://belajar.kemdikbud.go.id/Dashboard/ . Di sana terdapat delapan menu utama dan tiga menu tambahan.

Klik di menu yang ingin dibuka. Misalnya kita ingin mencari materi pelajaran sekolah. Maka tinggal buka menu Sumber belajar.
Pilih tingkat sekolah (PAUD, SD, SPM, SMA, SMK ATAU Umum) . Selanjutnya pilih kelas dan mapel dan klik materi yang ingin dipelajari .

Jika membutuhkan buku sekolah elektronik, klik menu Buku sekolah elektronik. Di sini kita bisa mengunduh buku sekolah elekronik sesuai jenjang kelas. Isi kotak pencarian dengan judul buku atau tingkat kelas atau nama pengarang. Jika buku sudah muncul , klik menu download .
Menu Bank soal berisi soal-soal untuk latihan ulangan. Klik di kelas yang sesuai. Selanjutnya kerjakan soal secara online.
Masih banyak lagi menu atau fitu rumah belajar yang dapat dimanfaatkan untuk peserta didik, guru atau umum. Letak menu-menunya cukup sederhana dan muda untuk digunakan.

    Choose :
  • OR
  • To comment
No comments:
Write komentar