Cara Cek Info GTK Tanpa Menggunakan Akun PTK Dapodik

Bagi guru yang sudah memiliki sertifikat pendidik dan sudah mendapatkan Tunjangan Penghasilan Guru (TPG), memantau data di Info GTK merupakan keharusan. Dalam info gtk dicantumkan data guru yang bersumber dari dapodik  dan dijadikan dasar dalam penerbitan SKTP.

SKTP akan terbit jika seluruh data sudah dinyatakan valid. Jika ada data yang belum valid, secepatnya diperbaiki di dapodik agar proses penerbitan SKTP tidak terhambat. Setiap guru hendaknya selalu memantau datanya sendiri tanpa menggantungan diri pada operator sekolah. Tugas operator itu sangat banyak sehingga selalu ada saja kemungkinan lupa atau salah memasukan data.

Untuk tahun 2019, login ke info gtk berbeda dengan tahun - tahun sebelumnya. Jika biasanya untuk masuk info GTK terdapat dua pilihan, yaitu melalui NUPTK dan Akun masing-masing PTK , sekarang pun ada 2 pilihan yaitu melalui akun PTK dan melalui dapodikdasmen .

Masuk info GTK lewat akun PTK bisa dilakukan masing-masing PTK asal tahu user id dan password masing masing PTK. Sedangkan membuka info GTK lewat dapodikdasmen hanya bisa diakses oleh operator sekolah.

Masalahnya banyak guru bahkan Operator sekolah yang lupa password dari akun PTK masing-masing. Maka mau tiak mau, operator harus input ulang password di dapodik dan secepatnya sinkron. Tapi bnyak yang mengeluh, termasuk juga pengalman penulis. Password PTK sudah diperbaharui di dapodik, dan sudah sinkron lebih dari satu minggu. Tapi, ketika mau masuk info GTK melalui akun PTK, tidak bisa. Di sana dinyatakan bahwa password tidak dikenali.

Untuk solusi sementara, sebelum password PTK yang diinput terekam oleh server pusat, maka operator sekolah harus memantau semua info GTK guru di dapodikdasmen.

 Cek Info GTK  Melalui Portal Dapodikdasme

Langkahnya:
  1. Masuk ke portal dapodikdasmen. Login dengan menggunakan akun dan paasword dapodik.
  2. Pilih menu Guru dan Tendik. Pilih salah satu guru dan scrool ke kanan. Klik di bagian detil identitas guru.
  3. Data guru akan muncul. Lihat ke sebelah bawah, Disana ada menu info GTK. Klik menu Info GTK
  4. Halaman info GTK akan terbuka. Hanya saja metode ini cuma bisa dilakukan operator. Sedangkan PTK tetap harus menggunakan akun PTK dan passwordnya. 

Cek Info GTK Melalui akun PTK

Langkahnya:
  1. Masuk ke alamat info gtk. Bisa lewat simpkb atau bisa di alamat ini : http://info.gtk.kemdikbud.go.id/
  2. Masuk melalui akun PTK masing-masing. Jika tidak tahu, tanyakan pada operator sekolah. Jika akun,  pasword dan kode angka  yang dimasukan benar, info gtk akan terbuka.
  3. Cek data anda secara teliti dan sesuaikan dengan dokumen yang dimiliki. Jika semua sudah benar, tinggal tunggu terbitnya SKTP. Namun di sebagian daerah, perlu juga pemberkasan ke dinas pendidikan.


    Choose :
  • OR
  • To comment
No comments:
Write komentar