Inilah Link Resmi Pendaftarana CPNS Tahun 2019

Kabar gembira bagi para pemuda/pemudi Indonesia yang berminat menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN), sebentar lagi pemerintah akan membuka pendaftaran CPNS yang rencananya dibuka paling lambat awal november 2019. 

Informasi ini diungkapkan oleh Kepala Biro Humas BKN, M Ridwan pada hari Senin tanggal 07 Oktober 2019. "Informasi yang saya dapat sampai saat ini, rencananya memang hanya ada penerimaan CPNS akhir Oktober atau awal November", kata Beliau.

Keputusan ini merupakan hasil rapat koordinasi kepegawaian 2019 di kota Jogjakarta pada akhir september lalu. Terkait tanggal mulai pendaftaran tes CPNS, M Ridwan mengatakan bahwa hal tersebut akan diumumkan langsung oleh Menpan RB Syafrudin.

Adapun formasi CPNS untuk tahun ini sebesar 197.111 orang yan terdiri dari 37.854 untuk formasi pusat dan 159.257 diperuntukan untuk 467 pemerintah daerah.

Terkait penerimaan PPPK tahap II  yang dulu sempat dijanjikan oleh Menpan RB, belum ada kejelasan pelaksanaannya. Jadi untuk saat ini, baru tes CPNS saja yang akan dilaksanakan, sedangkan penerimaan PPPK masih dalam perencanaan.

Ada beberapa hal yang menjadi kendala dalam pelaksanaan penerimaan PPPK, yang pertama adalah masalah aturan yang belum rampung sehingga peserta yang lolos seleksi PPPK tahap pertama pun masih belum melaksanakan pemberkasan. Yang kedua masalah penggajian. Karena gaji PPPK diserahkan kepada daerah, banyak daerah yang terkendala oleh ketidaksiapan daerah menggaji pegawai PPPK.

Syarat-Syarat Pendafaran CPNS 2019

Secara resmi BKN belum merilis persyaratan untuk pendaftaran CPNS 2019. Namun jika melihat persyaratan CPNS tahun 2018, beberapa dokumen umum yang harus disediakan diantaranya:

  1. Kartu Tanda Penduduk (KTP) difotocopy dan di scan.
  2. Ijazah dan transkrip nilai yang dilegalisir oleh lembaga yang mengeluarkan ijazah (foto copy dan scan)
  3. Pas foto terbaru
  4. SK Akreditasi Perguruan Tinggi (foto copy dan scan)
  5. SKCK
  6. dan persyaratan lain yang dikeluarkan oleh masing-masing instansi yang dapat diunduh ketka pendaftaran telah dibbuka.

Cara Pendaftaran CPNS 2019

Untuk pendaftaran CPNS tahunn 2019, pemerintah telah menyediakan portal untuk pendaftaran secara online. Adapaun link pendaftaran resmi tes CPNS 2019 ada di bawah ini

https://sscasn.bkn.go.id

Untuk saat ini alamat tersebut belum menampilkan informasi pendaftaran CPNS 2019. Jadi pantau saja mulai akhir okktober 2019.

    Choose :
  • OR
  • To comment
No comments:
Write komentar