Solusi Gagal Sinkronisasi EDS-PMP Offline : Status Koneksi internet Lambat

Sejak dirilis pada  awal Bulan September 2019 sampai saat ini, aplikasi EDS-PMP Online sangat menyulitkan sekolah dalam pengisian kuisioner.  Tak mengherankan jika sampai Bulan November 2019, progres pengisian EDS-PMP secara nasional masih dibawah 10%. 

Ini bukan kesalahan sekolah atau operator sekolah, namun lebih kepada kesiapan sistem dan infrastruktur yang kurang memadai sehingga EDS-PMP Online susah diakses meskipun sinyal internet bagus. Hal ini tentu saja sangat disayangkan karena sebenarnya EDS-PMP Online secara tujuan sangat bagus, yaitu agar pengerjaan EDS tidak hanya dilakukan pada satu laptop saja, tapi bisa di laptop manapun asal terhubung internet. 

Menindaklanjuti keluhan yang masuk, admin PMP akhirnya merilis EDS-PMP Offline pada tanggal 11 Nopember 2019. Hal ini disambut gembira oleh sekolah - sekolah  yang selama ini kesulitan mengisi EDS-PMP secara online.

Namun sayang, kegembiraan itu tak lama. Muncul permasalahan pada proses download Prefill PMP. Link yang tersedia untuk download prefill, susah diakses. Kalaupun bisa diakses, proses generate prefill tidak kelar-kelar. Hanya sedikit sekolah yang bisa download prefill PMP secara reguler. Kondisi tersebut berjalan sampai seminggu lebih.

Akhirnya admin pusat memberikan solusi, prefil digenerate secara nasional. Sekolah tinggal download prefill hasil generate nasional dan lakukan registrasi. Permasalahan pertama selesai.

Setelah berhasil registrasi, login dan kemudian mengisi EDS-PMP, masalah muncul lagi. Pengisian EDS tidak bisa 100%. Bahkan untuk siswa hanya sampai 75 %. Di forum banyak yang merekomendasikan untuk sinkronisasi terlebih dahulu agar permasalahan tersebut bisa teratasi. 

Ketika sinkronisasi, muncul lagi masalah: Status Koneksi Internet Lambat. Padahal sinyal lagi bagus-bagusnya. Setelah googling di internet, ada video tutorial yang memberikan solusi untuk masalah tersebut. Setelah dicoba, ternyata solusi itu berhasil. Untuk itu admin akan membagikan tutorial untuk mengatasi permasalahan tidak bisa sinkron karena internet lambat.

Perlu untuk diketahui, jika akan melakukan sinkronisasi EDS-PMP, maka kita juga perlu membuka aplikasi dapodik. Karena jika hal tersebut tidak dilakukan, status koneksi internetnya akan disconnected. Lakukan validasi dulu di aplikasi dapodik, baru kemudian klik menu sinkronisasi di EDS-PMP Offline.

Nah ketika klik Sinkronisasi, mungkin akan muncul masalah. Koneksi internet anda lambat. Padahal sinyal internet bagus. Jika anda mengalami hal tersebut, lakukan langkah-langkah di bawah ini:

1. Download file sinkronisasi di alamat ini : https://drive.google.com/open?  

2. Setelah berhasil di download, simpan file tersebut dilokasi yang mudah diingat.

3. Buka Local Disk C, pilih folder Program Files (X86)

4. Buka folder EDS Dikdasmen, selanjutnya buka folder Dataweb, dan folder sync. Cari file sinkronisasi.php . Copy file tersebut dan pastekan di tempat lain yang mudah diingat. Ini untuk berjaga-jaga saja karena file inilah yang akan diganti oleh file hasil download tadi (no 1).

 5. Selanjutnya buka kembali lokasi file hasil download di atas (no 1). Copy file tersebut dan buka kembali Local Disk C - Program File (x86) - EDSDikdasmen - dataweb - sync. Klik kanan di sebelah bawah area yang kosong sehingga akan muncul jendela dialog. Klik paste.

6. Jika muncul jendela konfirmasi seperti di bawah, klik 'replace the file in the destination'.

7. Sekarang tutup kembali jendela pencarian (eksplorer) dengan mengkilk tanda x di sudut kanan atas tampilan. Tutup juga aplikasi EDS Offline dan aplikasi Dapodik. Restart laptop. Setelah laptop kembali menyala, buka kembali aplikasi EDS offline dan aplikasi dapodik. Lakukan validasi terlebih dahulu di aplikasi dapodik. Setelah itu klik menu sinkronisasi di aplikasi EDS-PMP.

8. Sekarang proses sinkronisasi seharusnya berjalan dengan lancar. Jika proses sinkronisasi telah berhasil, lakukan perbaikan agar proses pengisian responden mencapai 100%.

Demikianlan solusi untuk masalah sinkronisasi : koneksi internet lambat. Tutorial ini telah admin coba dan berhasil. Semoga rekan-rekan yang mengalami kendala seperti di atas dapat teratasi dengan tutorial ini.

Referensi : https://www.youtube.com/watch?v=S2WrKd6eRYU


    Choose :
  • OR
  • To comment
No comments:
Write komentar