Contoh Soal Ujian Berbasis Komputer Daring (UBKD) SD

 Mulai Tahun 2021, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan akan menghapus Ujian Nasional  atau biasa disebut UNBK (Ujian Nasional Berbasis Komputer) dan akan digantikan oleh Asesmen Kemampuan minimal atau Asesmen UBKD ( Ujian Berbasis Komputer Daring). Perubahan ini bukan hanya perubahan nama semata, tapi memiliki implikasi yang cukup berbeda dengan kegiatan ujian nasional.yang biasa dilaksanakan sekolah

Dari segi peserta, Jika UNBK diikuti oleh siswa di tingkat akhir sekolah ( kelas 3 SLTP, Kelas 3 SLTA/SMK), UBKD diikuti oleh siswa kelas 5 SD, kelas 2 SLTP dan Kelas 2 SLTA. Dari segi materi soal, juga terdapat perbedaan yang cukup signifikan. Jika dalam ujian nasional siswa terbiasa mengerjakan soal pilihan ganda, dalam Asesmen UBKD, siswa akan diuji dalam kemampuan literasi membaca dan numerasi. Jenis soalnya tidak melulu pilihan ganda, tapi ada berbagai jenis soal yang ditampilkan termasuk juga isian singkat dan soal uraian.


Jika tidak ada perubahan, Asesmen Nasional (Asesmen UBKD) akan digelar pada bulan Agustus 2021 untuk kelas 5 Sekolah Dasar (SD) dan Madrasah Ibtidaiyah (MI). Untuk kelas 11 SMA/MA dilaksanakan pada pekan pertama Maret 2021, dan Kelas 11 SMK pada pekan kedua Maret 2021.

Kelas 8 SMP/MTs akan mengikuti Asesmen Nasional pada pekan ketiga Maret 2021, dilanjutkan paket C pada pekan keempat. Di awal April 2021, giliran Paket A dan Paket B mengikuti Asesmen Nasional. Demikian dijelaskan Dra. Sri Wahyuningsih, M.Pd., Direktur Sekolah Dasar Kemendikbud berdasarkan paparan materi diskusi Rapat Koordinasi Asesmen Nasional, 6 Oktober 2020.

Sebagai persiapan dalam  kegiatan Asesmen UBKD yang akan dilaksanakan pada tahun 2021, Kemdikbud telah melaksanakan simulasi untuk masing-masing tingkatan sekolah yang dilaksanakan pada Bulan Nopember dan Desember 2020. Untuk SD, Simulasi Sekala Besar UBKD dilaksanakan pada tanggal 8 Desember 2020.

Untuk persiapan menghadapi UBKD yang akan dilaksanakan pada bulan Agustus 2021  , di bawah ini akan kami berikan beberapa contoh soal yang digunakan dalam Simulasi Sekala Besar UBKD untuk tingkat sekolah dasar. Dokumntasi ini diambil ketika sekolah kami mengikuti SSB UBKD yang dilaksanakan pada tanggal 8 Desember 2020.







    Choose :
  • OR
  • To comment
No comments:
Write komentar