Turun Status dan Mengirim Kembali Data e-PUPNS

Ini merupakan pengalaman yang mendebarkan dan bikin stress. Pada hari kamis tanggal 02-10-2015 data e-PUPNS guru-guru di SD kami telah selesai dientri.  Tinggal  mengirimkan data dan berkas bukti fisik ke SKPD. Proses pengiriman data berjalan lancar, namun ternyata setelah data terkirim ada satu data yang terlupa sehingga diputuskan untuk meminta petugas verifikator level 1 yang posisinya berada di Kantor UPTD Pendidikan dan Kebudayaan Kecamatan untuk menurunkan status e-pupns guru-guru di SD kami agar data bisa diedit kembali.

Proses Turun Status berjalan lancar dan data yang belum masuk dientrikan kembali ke akun masing-masing guru. Tinggal mengirim ulang data dan ternyata setelah mengklik tombol kirim, data tidak terkirim.  Entah apa penyebabnya. Tiap-tiap mengklik tombol kirim selalu muncul tulisan `Belum Simpan/Periksa Semua tab. Kemudian saya membuka semua tab kecuali Tab Riwayat Diklat Struktural dan Data Dokter karena memang kedua tab tersebut tidak diisi. Semua tombol simpan di tiap tab di klik. Setelah selesai dicoba kembali untuk mengirim kembali dan ........gagal. Muncul tulisan `Belum Simpan/Periksa Semua tab.

Betapa paniknya pikiran saya. Ada rasa sesal dihati telah meminta petugas verifikator level 1 untuk `Turun Status` dan ternyata kini e-pupns guru-guru SD kami bermasalah. Terbayang kami dipecat  oleh BKN karena tidak mengisi data PUPNS . Belum lagi nanti teman-teman menyalahkan saya atas masalah ini. Bertanya ke sana kemari hasilnya sama, `coba periksa semua data barangkali ada data yang belum tersimpan`. Sudah saya coba berkali-kali dan hasilnya tetap sama. Akhirnya saya menyerah.

Beberapa jam kemudian  saya coba kembali mengirim data. Secara tak sadar saya mengklik semua tab tak terkecuali Tab  Riwayat Struktural dan Data Dokter. Klik kirim dan.................................berhasil. Alhamdulillah.........................data berhasil terkirim dan   mudah-mudahan saja pengisian formulirnya benar dan walaupun ada yang salah semoga saja bisa diperbaiki kembali. Setelah dipikir ternyata kegagalan mengirimkan data adalah karena tidak semua tab saya klik/buka. 

Jadi kesimpulannya, setelah turun status, kondisi sistem e-pupns sangat sensitif. Bila sebelumnya tidak mengharuskan semua tab dibuka sebelum pengiriman data, setelah proses `Turun Status` ternyata semua tab harus dibuka/diklik agar proses mengirim data lancar. Ada-ada saja...................................................................................




    Choose :
  • OR
  • To comment
14 comments:
Write komentar
  1. bagaimana caranya menurunkan status dari level 1 ke pns yang bersangkutan, jawabannya sangat di tunggu. terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hubungi langsung petugas verifikator level 1 yang ada di SKPD anda untuk minta turun staatus ( UPTD pendidikan kecamatan, UPTD Puskesmas, Kantor Kecamatan, dll atau lihat di data posisi paling bawah disana ada nama verifikatornya)

      Delete
    2. lapor di verivikator level 1

      Delete
  2. sudah turun status tapi malah nggak bisa kirim data. dari jam 12 malam kirim nggak terkirim2. semua petunjuk sudah dilakuin.

    ReplyDelete
  3. sudah turun status tapi malah nggak bisa kirim data. dari jam 12 malam kirim nggak terkirim2. semua petunjuk sudah dilakuin.

    ReplyDelete
  4. Coba langkah2 berikut:
    1. Log in ke PUPNS
    2. Setelah masuk sitem klik/buka semua tab jangan sampai ada yang terlewat termasuk tab yang tidak diisi ( Misal kalau PNS guru tidak mengisi tab dokter, tab dokter tetap dibuka juga).
    3. Klik kirim.
    Bila masih belum bisa coba log out dulu dan kembali lakukanlangkah di atas sampai data terkirim. Pengalaman saya kadang perlu beberapa kali mencoba baru terkirim.

    ReplyDelete
  5. bagaiman caranya untuk turun status. setelah kita ikuti petunjuk yang ada, setelah diisi dan kirim muncul tuisan belum isi intansi anda. tolong caranya gimana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Langsung saja hubungi petugas verifikator level 1 di SKPD untuk minta turun status.

      Delete
    2. kalau dah sampai level 3 minta turunya gimana

      Delete
  6. kalau dah sampai level 3 apa bisa turun

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau menurut buku panduan PUPNS bisa, tapi prosesnya yang sulit karena proses pegajuan harus langsung menghubungi verifikator level 3 yang posisinya ada di Ibukota Provinsi, karena pengajuan turun status lewat tiket online tidak berjalan efektif.

      Delete
  7. saya juga ga bisa kirim data setelah turun status. setelah saya ikuti trik nya....alhmadulillah bisa :)

    ReplyDelete
  8. Apa turun status bisa dilakukan berkali-kali?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa. Saya pernah sampai 4 x turun status di level 1.Tapi sebaiknya ketika turun status perbaiki semua data dengan teliti agar tak terlalu sering turun status.

      Delete