Cara Pengisian Riwayat Pendidikan Di e-PUPNS

Sebelum mengisi Riwayat Pendidikan, persiapkan terlebih dahulu ijazah anda dimulai dari SD sampai ijazah terakhir yang tercantum di dalam SK. Bila semua telah terkumpul maka mulailah memasukan riwayat pendidikan di e-pupns. Adapun tata cara pengisian riwayat pendidikan adalah sebagai berikut :

1. Buka laman situs  e-pupns di https://epupns.bkn.go.id/login . Klik login dengan No Registrasi dan Kata Kunci milik anda dan setelah masuk klik tab Data Riwayat, klik Pendidikan.

2. Disana akan tampil riwayat pendidikan anda yang bersumber dari data base BKN. Klik ubah bila data yang sudah ada ingin diubah atau ditambah datanya karena masih ada yang kosong. Untuk riwayat pendidikan yang belum ada klik tambah.


3. Isilah form tambah data dengan melihat ijazah yang dimiliki.

  • Untuk mengisi Pendidikan (1), tulis kata kunci pendidikan anda, misal Sekolah Dasar` sehingga nanti muncul data autocomplit di bawah kolom. Pilih nama pendidikan yang sesuai. (pemilihan nama sekolah harus mengambil dari data autocomplit yang muncul, karena kalau tidak kemungkinan data nanti tidak dapat disimpan). Jangan lupa isi tanggal lulus dan tahun lulus sesuai ijazah (2). Klik kotak `pendidikan pengangkatan sebagai CPNS` bila riwayat pendidikan yang sedang dimasukan adalah riwayat pendidikan yang digunakan ketika pendaftaran CPNS.
  • Isi nomor ijazah (3) dengan melihat di ijazah anda
  • Tulis nama lokasi sekolah dengan nama kabupaten dimana sekolah berada (4). Nama sekolah juga diambil dari data autocomplit. Ketikan kata kunci nama kabupaten anda sehingga mucul nama kabupaten anda.
  • Isi nama sekolah dengan mengambil data dari autocomplit yang muncul. Bila data autocomplit tidak muncul tulis nama sekolah secara manual (Terutama untuk nama SD sampai SLTA, banyak nama sekolah yang tidak ada karena kemungkinan nama sekolah sudah ganti). Namun untuk nama sekolah D2/D3  dan nama sekolah untuk perguruan tinggi  harus diambil dari data autocomplit, karena kalau tidak nama sekolah tidak tersimpan.
  • Isi gelar sesuai gelar di ijazah (6)
  • Contreng kolom no 7 bila riwayat pendidikan yang dimasukan merupakan pendidikan terakhir yang tercantum di SK Pangkat Terakhir.

4. Klik simpan bila riwayat pendidikan sudah selesai diisi.

5. Untuk riwayat pendidikan terakhir harus sesuai dengan Sk Kenaikan pangkat terakhir. Misal kalau di pangkat terakhri pendidikan yang diakui baru D 2 maka hanya sampai D2 saja yang dimasukan di riwayat pendidikan meskipun kita memiliki ijazah S 1.

Demikian tata cara pengisian riwayat pendidikan di e-pupns, dan untuk hal-hal yang lebih tekhnis tanyakan ke BKD di mana anda berada.

    Choose :
  • OR
  • To comment
No comments:
Write komentar