Tahun 2019 Pengisian Kuisioner PMP Dilaksanakan Secara Daring (Online)

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, pada Tahun 2019 pengisian kuisioner Pemetaan Mutu Pendidikan (PMP)  dilaksanakan secara daring / online. Jika pada tahun sebelumnya operator harus menginstal aplikasi PMP di laptop yang terinstal aplikasi dapodik, kini hal tersebut tidak perlu dilakukan. Untuk mengisi kuisioner PMP tinggal membuka portal  PMP Dikdasmen di laptop manapun, tak harus di laptop yang berdapodik. Bahkan pengisian kuisioner PMP dapat dilakukan di Smartphone atau tablet. 

Tentu ada sisi positif dan negatif dengan perubahan ini. Sisi positifnya, pengisian kuisioner tidak terpusat pada satu laptop saja. Pengisian bisa dilakukan oleh masing-masing responden dengan laptop yang berbeda-beda. Operator sekolah hanya tinggal membimbing dan mengarahkan responden dalam pengisian PMP. Sisi negatifnya, pengisian PMP harus senantiasa dilakukan secara online sehingga memerlukan jaringan internet yang bagus. Belum lagi server PMP nya apakah mampu digunakan oleh beribu-ribu orang dalam satu waktu dengan lancar?

Baca Juga : Solusi Gagal Sinkronisasi EDS-PMP Offline : Status Koneksi internet Lambat

Pada dasarnya cara pengisian kuisioner PMP secara daring 2019 dan secara ofline menggunakan aplikasi PMP yang terinstal di dalam laptop tidak jauh berbeda. Untuk sekedar mengingatkan kembali, di bawah ini admin akan menguraikan cara pengisian kuisioner PMP 2019 secara daring/online. 
  1. Buka alamat : http://pmp.dikdasmen.kemdikbud.go.id:1745/login/index.html  di laptop atau komputer. Pastikan laptop atau komputer terhubung dengan jaringan komputer.
  2. Login dengan menggunakan user id dan password dapodik sekolah. Jika password dapodik terbaru tidak cocok, gunakan  password dapodik lama (password dapodik 2018).
  3. Di bawah ini adalah halaman beranda PMP Dikdasmen Daring. Di sebelah kiri ada bebrapa menu seperti : Beranda, Pengaturan, Kuisioner, Peringkat Pengisian, Rapor Mutu dan lain-lain. 
  4. Dalam menu pengaturan, terdapat tiga sub menu yaitu Profil Pengguna, Manajemen Pengguna dan Tukar Pengguna. Profil pengguna berisi tentang profil operator sekolah. Manajemen Pengguna berisi daftar PTK yang ada di sekolah berdasarkan isian dapodik. Dalam manajemen pengguna kita bisa menambah pengguna yang berasal dari komite sekolah. Sedangkan menu Tukar Pengguna berguna untuk menukar pengguna dalam pengisian kuisioner.
  5. Untuk tukar pengguna, klik panah kecil di sebelah kanan kotak yang berisi tulisan guru. Selanjutnya pilih pengguna yang akan isi responden apakah guru, siswa atau komite. Selanjutnya klik panah di sebelah kanan nama responden yang terpilih. 
  6. Untuk mengisi kuisioner, klik menu perangkat kuisioner yang berada di bawah identitas pengguna. Selanjutnya klik rincian untuk membuka rincian kuisioner.
  7. Klik panah kecil untuk menampilkan kuisioner.
  8. Kuisioner akan terbuka. Jawab kuisioner satu persatu. Skrol halaman ke bawah untuk menampilkan pertanyaan selanjutnya. 
  9. Jika semua pertanyaan di halaman tersebut selesai dijawab, klik simpan.  Klik panah untuk pindah ke bagian pertanyaan selanjutnya.
  10. Setelah semua kuisioner di bagian A (A1 s.d A6) telah selesai dijawab, pengerjaan kuisioner dilanjutkan ke bagian B. Klik lanjutkan ke kategori selanjutnya jika ingin melaanjutkan atau klik tutup  jika anda akan menunda dulu pengisian .
  11. Pengisian kuisioner tidak harus selesai dalam satu waktu. Pengisian bisa ditunda dan dilanjutkan di waktu lain. 
  12. Untuk mengecek pengisian kuisioner, klik menu pengisian akhir. Jika pengisian kuisioner masih belum 100 %, silahkan kembali ke menu isi kuisioner.
  13. Jika peJika ingin keluar dari PMP daring, klik nama pengguna yang ada di sebelah kanan atas. 
  14. Selanjutnya klik keluar  untuk keluar dari PMP daring.
Selain alamat di atas untuk membuka Portal PMP Daring dapat juga dilakukan di alamat ini : http://pmp.dikdasmen.kemdikbud.go.id/ . Klik tautan PMP online di sebelah kanan jendela aplikasi.





Selain di laptop/komputer, pengisian kuisioner PMP dapat juga dilakukan di smartphone berbasisi android atau Iphone. Aplikasi PMP online untuk Smartphone dapat diunduh di Google Play Store atau App Store.

    Choose :
  • OR
  • To comment
71 comments:
Write komentar
  1. Progres pengerjaan 0% meskipun sudah selesai dikerjakan, mengapa, mohon pencerahan

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya juga, blum ada solusi kah?

      Delete
    2. adakah pencerahan dari para senior, soalnya kasusnya sama masih )%

      Delete
    3. Betul. Saya juga, sudh download eds terbaru, tetapi mengapa masih saja pengisian 0%

      Delete
    4. sebelumnya maaf,kalau yang saya tau coba di download dulu file prefil nya terus coba login insya allah berhasil

      Delete
    5. Setelah kuesioner diisi dengan,silahkan klik tombol "HITUNG REKAP KEMAJUAN ANDA" di menu Kuesioner/isi kuesioner Kemudian kembali ke beranda. semoga bermanfaat

      Delete
  2. nama guru tidak muncul di pmp 2019. knp?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Server PMP tidak stabil. PMP sekolah tempat admin bertugas, siswanya ynag tidak muncul.

      Delete
  3. Proses menyimpan hasil isian lambat dan bahkan tidak berhasil

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ia memang seperti itu kondisinya. Bahkan di PMP sekolah saya, responden siswanya tidak muncul. Ayo laporkan saja ke admin PMP biar mereka tahu masalah yang kita hadapi . Di aplikasi PMP daring ada menu Laporan dan saran.

      Delete
  4. Nama guru yg di dapodik tidak ada di menu pengguna tapi guru yang sudah tidak bertugas yang masuk ke manajemen pengguna, bagaimana ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Laporkan saja di menu laporan dan saran biar admin pusat tahu Aplikasi PMP Onlinesangat bermasalah. Mudah-mudahan dengan banyak laporan, secepatnyaa ada perbaikan.

      Delete
    2. gimana kasih saran atau laporan mengirim laporan dan saran saja lemot sekali

      Delete
    3. Kan di aplikasi PMP nya ada menu laporan dan saran. Coba buka PMP daring, lihat menu2nya.

      Delete
    4. Sebaiknya kita sarankan gimana klo PMP daring atau offline di tiadakan saja, suruh saja responden ngisi kuesioner manual menggunakan soal dalam kertas, lalu soal nya kita berikan ke pusat biar mereka yang menginput sendiri, toh di gajih mereka juga...

      Delete
  5. Keinginan besar tapi tenaga kurang... harus dievaluasi....

    ReplyDelete
  6. Lelet loading lambat, waktu menyimpan lama kadang gagal harus refresh terus.

    ReplyDelete
  7. pak data smpn 2 salimpaung kok tidak bisa terbaca

    ReplyDelete
    Replies
    1. Buat pegaduan di menu laporan dan saran, agar admin PMP tahu betapa bermasalahnya aplikasi PMP daring yang mereka buat.

      Delete
  8. batas akhir pengiriman pmp sampai kapan ya agan-agan??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Belum ada dead line batas pengisian PMP dari admin PMP pusat. Tapi biasanya di daerah suka ada yang beriNisiatif memberi batas waktu pengerjaan. Coba tanya pada dinas setempat. Tapi saya kira tidak realistis memeberi batas waktu pengerjaan PMP , sementara kondisi server PMP nya tidak memungkinkan.

      Delete
  9. Pengisian secara online perlu evaluasi, banyak kendala dilapangan, misalnya proses penyimpanan sangat lambat bahkan tidak berhasil, data siswa tidak muncul, pokoknya low.

    ReplyDelete
  10. PMP online nya sangat lelet , sehingga sangat susah buat menginputnya .. huh

    ReplyDelete
  11. Pengisian PMP onlinenya sangat lelet , sehingga memakan waktu yang lama buat mengisinya .. huh

    ReplyDelete
  12. muternya lambat sekali, apakah ada cara lain lewat aplikasi android misalnya>

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lewat android juga bisa. Tapi tetap saja lelet karena servernya kecil. Laporkan saja masalah yang dihadapi di menu lapoaran dan saran agar admin pmp pusat menyadari bahwa aplikasi pmp sangat bermasalah

      Delete
  13. Kalimantan Tengah hadir, sekedar info apa yg di sampaikan di atas saya juga mengalaminya.

    ReplyDelete
  14. Jawa Timur juga sama, responden siswa tidak muncul

    ReplyDelete
  15. tolong solusinya : mengapa ...
    - sdh selesai isi kuisoner tetap 0 %
    - pada isiian kuisoner E4 tidak dapat tersimpan
    - loading lambat, banyak menhabskan waktu..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Buat pengaduan di laporan dan saran, biar admin PMP tahu aplikasi PMP daring sangat bermmasalah.

      Delete
  16. Kabupaten gunung mas juga hadir... Saya oprtor sdn 1 tampang tumbang anjir... Nasipnya sm kaya temn2 diatas... Lelet skli....

    ReplyDelete
  17. Kabupaten gunung mas juga hadir....

    ReplyDelete
  18. Kab Hulu Sungai Selatan-KalSel hadir, kenapa A1 selesai tapi tidak terbaca,jaringan sangat-sangat lambat,lelet. Kami didaerah pedalaman mohon pencerahan. Terima kasih.

    ReplyDelete
  19. Kami didaerah pedalaman Kab Hulu Sungai Selatan-KalSel,mohon kiranya dapat pencerahan,soalnya sudah diconteng jawaban dan simpan sangat-sangat lamban sekali.

    ReplyDelete
  20. Ofline saja masih ada sekolah yang gagal kirim apalagi daring / online. Tolong di kaji ulang untuk metode online.

    ReplyDelete
  21. apakah ada jam2 tertentu untuk menyimpan saya dari aceh gak bisa menyimpan muter2 aja gan

    ReplyDelete
  22. Cilacap juga lelet banget lagian ada pd bagian c sudah disimpan tapi setelah dibuka hilang isiannya,tolong ini diperbaiki

    ReplyDelete
  23. Belum Ada kabar terbaru kah mas tentang pmp nih..
    Saya nyoba berapa kali, kapok..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Belum....kita juga sama belum mengisi. Bagaimana mau mengisi, isi kuisioner satu nomor saja, ketika di simpan puter2 terus tak pernah tersimpan. Kita tunggu PMP oflinnya saja, barangkali ada

      Delete
  24. pengisian kuis baiknya dikerjakan di rumah, kalau di kantor takut nanti kena struk...

    ReplyDelete
  25. pencerahannya adakah faster yang rilis hahaha

    ReplyDelete
  26. Pendidikan di Indonesia terlalu banyak Aplikasi

    ReplyDelete
  27. Online tpi hampir semua sekolah keluhannya lelet, kayaknya kurang siap admin pusatnya.

    ReplyDelete
  28. Nama guru yang sudah tidak bertugas masih masuk ke manajemen pengguna, bagaimana ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hampir semua sekolah seperti itu, itu kesalahan ada di server pusat. Laporkan di menu laporandan saran.

      Delete
  29. Replies
    1. Sama....sampai saat ini satu respondenpun belum seleai. Padahal sudah dicoba mengisinya pagi, siang, sore bahkan pukul 1 malam.

      Delete
  30. kenapa tidak bisa masuk diaplikasix??
    padahal uda coba pagi siang malam

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aplikasinya jelek, servernya tak memadai. Hampir semua mengalami hal sperti itu.

      Delete
  31. masuk aja gak bisa, padahal udh pakek username dan password sama seperti dapodik baik yg lama, baru bahkan pakai password masa depan, tetap aja username dan password salah... terus maunya yang gmn brooo....?????

    ReplyDelete
    Replies
    1. Entahlah...saya juga yang bisa masuk belum selesai satu responden pun. Lelet, kuisioner lodingnya lama, siswa tak muncul, susah menyimpan dan segudang masalah lainnya.Mudah2an saja ada aplikasi PMP ofline.

      Delete
  32. Maduura jatim juga lelet...

    ReplyDelete
  33. Hamdan Abdul
    Kenapa data guru yang muncul tidak sesuai dengan data Dapodik. Guru yang mutasi sudah 1 tahun datanya ada sementara guru yang aktif datanya tidak ada...mohon solusinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masalahnya sama Pak denga sekolah saya....ini server PMP nya yang bermasalahah. mMlahan di sekolah saya data siswa tidak muncul

      Delete
  34. susah yah cara mengerjakannyapun harus kayak gini gimana pendidikan indonesia mau maju kalo yang seperti inipun di persulit :(

    ReplyDelete
  35. Gmn mw bs kerja, login operator j tdk bs, gmn mw menentukan responden,,,apakah ad solusi ?!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jika tidak bisa masuk dengan password dapodik terbaru, coba pakai password dapodik 2018.

      Delete
  36. 0 % terus pada progres pengisian. sulusinya dong pak

    ReplyDelete
  37. Saya sudah hampir selesai mengisi kuesioner seluruh responden.. Tpi koq tetap
    0% ya. .Progres pengisiannya. .
    Solusinya gimana..??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aplikasiya bermasalah....tunggu saja barangkali ada perbaikan

      Delete
  38. bagaimana dengan PTK di sekolah yang hanya 8 orang? berarti tidak mencukupi kuota kandidat yang ditetapkan 10 orang.

    ReplyDelete
  39. Apk PMP sementara dlm perbaikan. kpn bru bisa diakses sdngkan masa deadlinenya smkin dekat?

    ReplyDelete
  40. Kenapa di eds of line ptk 2 orang tidak bisa 100 % padahal saya udah isi semua. Mohon penjelasannya

    ReplyDelete
  41. kenapa diMENU saya tidak ada SINKRONISASI, sedangkan saya harus menSINKRONISASI jawaban saya???

    ReplyDelete