Tambah Peserta Didik Baru di Dapodik 2019

Penambahan peserta didik baru di Dapodikdasmen 2019 pada prinsipnya sama dengan penambahan peserta didik baru di Dapodik sebelumnya. Hanya ada sedikit pembaharuan di antar muka login dapodikdasmen. Selain itu proses tarik peserta didik di dapodikdasmen lebih mudah karena sekarang bisa menarik peserta didik secara sekaligus dari satu TK/Paud yang sama. 

Untuk jenjang SMP dan SMA dan SMK penambahan peserta didik secara manual melalui Dapodik dinonaktifkan. Sebagai gantinya, penambahan siswa baru yang tidak bisa ditarik secara online (siswa yang berasal dari MI atau MTS ) dapat dilakukan melalui login dapodikdasmen. Penambahan peserta didik secara manual, memerlukan konfirmasi dari dinas pendidikan setempat.

Untuk lebih jelasnya, proses penambahan siswa baru baik melalui menu tarik peserta didik atau penambahan secara manual dapat dipelajarai di ulasan di bawah ini.
  1. Buka alamat http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id/ . Kemudian klik login dan pilih Manajemen Sekolah.
  2. Akan muncul jendela Kelola Data. Isi username dan password dengan user dan password dapodik sekolah. Jika usernae dan password telah diisi dengan benar klik di kotak Kelola Data Sekolah.
  3. Akan muncul informasi akun. Klik di kolom Kelola Data Pokok.
  4. Halaman kelola data sekolah akan muncul. Klik menu Peserta didik dan kemudian pilih Tambah Peserta Didik Baru.
  5. Selanjutnya jendela tarik peserta didik akan muncul. Ada dua menu yang bisa dipilih, yaitu Peserta Didik Baru dan Pindah/Mutasi. Karena kita akan memasukan peserta didik baru maka pilih menu Peserta Didik Baru. Klik  panah kecil di kolom sumber data, akan muncul dua pilihan yaitu Tarik PD Dapodik dan Tambah PD di luar Dapodik. Jika akan menambahkan data dengan menarik PD secara online dari dapodik sekolah asal , pilih yang pertama. Jika akan menambah PD dari sekolah yang belum terintegrasi dengan dapodik, pilih yang kedua.
  6. Sekarang kita pilih dulu tarik PD Dapodik. Isi Propinsi, Kabupaten, Kecamatan, dan sekolah asal serta tahun lulus sesuai asal sekolah peserta didik. Jika isian sudah benar, klik tampilkan. Maka selanjutnya akan muncul data siswa dari sekolah yang telah dipilih tadi. Dalam tampilan rombel pilih tampilan 100 agar semua siswa tampil pada satu halaman, karena yang tersimpan adalah halaman yang tampil. Jika kita buka satu satu dengan next,maka meskipun di centang di semua halaman, yang tersimpan hanyalah halaman yang tampil saja. 
  7. Centang pada siswa yang akan dimasukan ke sekolah. Jika sudah selesai pilih simpan.
  8. Jika muncul jendela dialog, klik lanjut. Maka data siswa yang tadi telah tercentang akan masuk ke server dapodikdasmen. 
  9. Jika akan mengulangi menarik peserta didik dari sekolah yang lain, ulangi kembali langkah di atas. Jika semua peserta didik baru telah ditarik atau dimasukan secara manual, sinkronkan dapodik agar peserta didik yang sudah berada di server dapodikdasmen masuk ke aplikasi dapodik sekolah.
Demikianlah cara penambahan peserta didik baru di dapodik 2019. Semoga bermanfaat.

Catatan : Jika semua peserta didik kita tarik secara online dan di dapodik telah dibuatkan rombelnya (rombel kelas 1 untuk SD atau rombel kelas VII untuk SMP) maka ketika  divalidasi akan terjadi invalid di data rombel karena rombel kelas I atau kelas VII tidak memiliki anggota rombel, dan otomatis tidak bisa sinkron. Solusinya adalah, masukan satu orang siswa secara manual di dapodik atau jangan dulu buat rombel kelas I/VII agar bisa sinkron dapodik tanpa terhambat invalid data.

Baca Juga :
Cara Menambah Peserta Didik Baru Dari MI Atau MTS
Tarik Online Peserta Didik Pindahan
Cara Memperbaiki Data Diri Siswa Yang Tidak Sesuai Dengan Akte/KK

    Choose :
  • OR
  • To comment
255 comments:
Write komentar
  1. Bisa. Tapi untuk Nama Peserta Didik, NISN, Tanggal lahir dan nama ibu kandung tidak bisa diubah di dapodik, harus melalui verval pd. Jika ada peringatan data tidak bisa disimpan, cara kolom yang berwarna merah dan isi.

    ReplyDelete
  2. mau nanya kang, kalau sudah ditambahkan manual di dapodik tidak apa-apa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak apa-apa asal data yang dimasukan valid dan jika sudah punya NISN di TK/Paud input NISN nya. Tarik peserta didik secara online sebenarnya memudahkan dan mempercepat kerja ops. Tapi itu pilhan ops sendiri mau pilih cara yang mana. Untuk SMP/SMA/SMK tambah secara manual di dapodik dinonaktifkan.

      Delete
  3. Kalau muncul pesan gagal mendaftarkan siswa ERROR : Peserta Didik I Komang Gauthama Danoeananda Radiasa saat ini terdaftar di SD MUTIARA NPSN 50100501
    BAGAIMANA SOLUSINYA?

    ReplyDelete
    Replies
    1. I Komang Ini peserta didik baru dan berasal dari TK/Paud atau siswa pindahan dari SD Mutiara? Jika memang Ia siswa baru berarti ada kesalahan dalam penarikan siswa oleh ops SD Mutiara. Tinggal kroscek saja ke SD tersebut apa I Komang emang mendaftar juga di sekolah tersebut atau hanya kesalahan penarikan. Jika I Komang adalah siswa pindahan dari SD Mutiara, maka tarik PD menggunakan menu Pind/ Mutasi jangan menu tarik peserta didik baru.

      Delete
  4. mau nanya mas... klo tarik siswa MTSn gk bisa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak bisa karena belum ada sinkronisasi antara aplikasi dapodik dan aplikasi simpatika depag. Cara memasukan siswa yang berasal dari MTS atau MI dilakukan secara manal di login sekolah dapodikdasmen. Lihat langkah ke 5 uraian di atas. Di bagian sumber data pilih tambah PD di luar dapodik. Kemudian masukan data siswa secara manual.

      Delete
  5. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  6. Berhubung menu entri data manual di kelola data merupakan menu baru, admin belum bisa memberikan solusi karena kurangnya referensi dan belum pernah punya pengalaman menangani kasus tersebut. Mungkin bisa ditanyakan langsung pada admin dapodik pusat.

    ReplyDelete
  7. Bagaimana jika ada human error..
    Pada saat kita menambahkan data PD baru, signal wifi error dan saat kita login kembali data PD baru tercatat ganda. bisakah kita hapus atau menunggu validasi dari Dinas Pendidikan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf admin belum mendapat referensi untuk menjawab masalah ini berhubung ini adalah masalah baru dan belum pernah mengalami kasus seperti itu. Mungkin bisa bertanya lagsung kepada admin dapodik pusat.

      Delete
  8. Bagaimana cara menambah siswa baru asal SLB?
    Gk ada nama sekolahnyapun

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau tidak bisa menambah siswa baru dengan tarik online, tambahkan secara manual saja.

      Delete
  9. Kalau dari BA/RA sudah kelewat INPUT scara manual lewat aplikasi dapodik gmana ya untuk siswa baru kls 1 SD?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak apa-apa memang harusnya input manual. Siswa yang berasal dari BA/RA tidak bisa ditarik online karena antara apodik dan simpatika belum ada sinkonisasi, jadi harus input manual di dapodik

      Delete
  10. maaf admin mau nanya..mengapa dalam menambah siswa baru kolom sekolah asalnya tidak aktif.. mohon bantuanya.. makasih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak aktif maksudnya pilian sekolahnya tidak muncul atau siswanya yang tidak muncul?. Jika pilihan sekolahnya tidak muncul, itu masal sinyal internetnya lemah atau server sibuk. Coba buka di lain waktu. Jika pilihan sekolahnya muncul tapi siswanya tidak ada, kemungkinan dapodik di sekolah asal tidak diisi, maka solusinya input manual saaja.

      Delete
  11. Selamat pagi pa admin mau tanya siswa yang suda ditarik tidak muncul pada dapodik....?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setelah tarik PD Onlinne, Dapodiknya disinkronkan. Setelah sinkron coba cek di menu Rombongan Belajar-Reguler. Klik satu kelas, kemudian klik anggota rombel. Biasanya data siswa ada di daftar tunggu. Silahkan masukan sesuai kelas.

      Delete
  12. Kalok tidak tarik onlinr. Tp langsung di tambah manual lewat aplikasi dapodik melalui menu ( peserta didik ) bagaimana ?
    Soalnya taun kmarin jg kyk gini masukan pd barunya.
    Makasih mohon dibalas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tak masalah. Untuk SD memasukan PD baru bisa tarik online bisa manual di dapodik. Jika tambah manual memerlukan lebih banyak waktu untuk mengentri data, namun lewat tarik PD online lebih singkat karena data PD sudah ada, tinggal mengisi data rinci.

      Delete
  13. siswa sd yng kelas VI otomatis lulus, padahal di smp nama siswa tersebut tidak muncul di tarik pd. solusinya bagaimana???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harusnya siswa dari SD tersebut muncul karena semua sd telah menggunakan dapodik , kecuali siswa dari MI tidak akan bisa tarik online karena beda sistem. Coba di refresh atau mungkin siyal kurang kuat, cari di lokasi sinyal inernet yang bagus.

      Delete
  14. Selamat mlm admin,. Mau tanya, siswa yang di tarik online tidak muncul semua di dapodik setelah sinkronisasi,. Hanya sebagian,. Apa harus tarik online ulang ?
    Trimksih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya harus tarik online kembali. Coba tampilan pilih 100 (langkah ke 6 di atas) agar semua siswa tampil dalam satu halaman. Karena berdasarkan pengalaman, ketika tarik online, siswa yag tersimpan haya pada halaman yang terbuka saja.

      Delete
  15. MOHON BANTUANNYA KENAPA DATA SISWA DITAMBAHKAN TERUS DILIHAT DI VALIDASI PENGISIAN DATA TERJADI DILUAR APLIKASI DAPODIK
    PADAHAL MENGISI DATANYA DI PAODIK

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepertinya ada bug di aplikasi dapodik. Kirim masukan saja ke admin dapodik pusat agar diperbaiki.

      Delete
  16. punten mau nanya kg, bagimana ya di manajemen sudah di tarik tapi di dapodik tidak/belum masuk, mw singkron di dapodik ngga bisa soal nya invalid sebab siswa belum masuk/masih kosong , sekolah kami sekolah baru, terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jangan buat dulu buat rombel, kalau sudah buat hapus dulu rombel yang masih kosong belum ada siswanya. Sinkron dulu, baru buat rombel dan masukan siswa ke rombel.

      Delete
  17. saya sudah terlajur input yang manual di aplikasi dapodik, tidak melalui https://data.dikdasmen.kemdikbud.go.id
    dah sudah hampir selesai.. gimana ni pak, apkah nantinya bermasalah? terimaksih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak masalah. Untuk SD masih bisa menambahkan PD Baru melalui manual.

      Delete
  18. itu berapa lama proses masuk data siswa baru setelah ditarik,,apakah 1x24 jam atau langsung..trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setelah ditarik secara online,langsung sinkronkan dapodik. siswa akan masuk ke dapodik.

      Delete
    2. kasus saya yaitu stlh saya sinkron tdk semua siswa masuk rombel...solusinya bangaimana? sdh sinkron bbrp kali...
      saya ulangi tarik online g bisa juga mksh banyak.. admin...

      Delete
  19. Mohon solusi admin. Saya ada isi siswa baru lewat online tpi didapodik siswa tsb belum masuk .. Saya tarik dari luar dapodik paud saya ops sekolah dasar trim

    ReplyDelete
    Replies
    1. Padahal untuk dapodik SD, memasukan siswa yang berasal dari Luar Paud bisa dilakukan secara manual di dapodik. Jika lewat manual di dapodikdasmen, sepertinya harus verifikasi dulu ke Diknas setempat.

      Delete
  20. apakah sudah benar memasukan peserta didik baru yang tidak memiliki NISN melalui Manajemen dapodik pilihan diluar dapodik?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memasukan siswa baru dengan pilihan Tambah PD Diluar dapodik, itu diperuntukan untuk sekolah asal yang tidak memiliki dapodik seperti RA,MI, atau MTS. Jika siswa tersebut berasal dari TK atau Paud di bawah naungan diknas yang menggunakan dapodik, penambahan data siswa bisa langsung tarik online meskipun siswa tersebut belum memiliki NISN.

      Delete
  21. gimana untuk sekolah jenjang SD suda terlanjur infut manual siswa tk yg tamat apa tidak masalah atau tidak

    ReplyDelete
  22. bagaima kalau tidak bisa masuk ke manajemen dapodik. padahal dapodik sdah bisa d psang dg alamat email yg sama

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk masuk ke manajemen dapodik, gunakan userid dan password dapodik. Perhatiakan penulisan besar kecil huruf dan tanda lainnya harus sama persis. Kondisi sinyal juga harus bagus

      Delete
  23. mau tanya kalau di data manajemen sekolah terdapat tulisan pending gmn ya?

    ReplyDelete
  24. Pagi mas, mau tanya nih.
    Saya ada siswa pindahan dari SD lain, dan nama siswa tersebut tidak ada di daftar siswa yang bisa ditarik online lewat dapodikdasmen. Bagaimana solusinya?
    Bisakah saya masukan lewat siswa baru kelas 1 di dapodik, tapi nanti registrasi dan rombel saya sesuaikan di kelas lain?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk siswa pindahan, jika di sekolah asalnya belum dikeluarkan maka tidak akan bisa ditarik secara online. hubungi ops sekolah asal agar secepatnya mengeluarkan siswa tersebut.
      Jika mau dimasukan secara manual di dapodik, jangan pilih menu Tambah Siswa Kelas 1 SD tapi pilih menu tambah yang ada di samping menu tambah siswa kelas 1 SD.

      Delete
    2. ketika di klik menu tambah, tapi muncul pemberitahuan tidak bisa menambah peserta didik, itu gimana ya.. soalnya saya ada dua siswa pindahan dan belum masuk dapodik karna tidak bisa ditambahkan...

      Delete
  25. maf mw nnya knapa smua klas 1 yang baru ktika di lihat divberval pd invalid semua?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau melihat punya sekolah saya, sama juga invalid. Kemungkinan karena belum memiliki NISN, atau tanggal registrasi masuk salah.

      Delete
    2. nah ini saya juga mengalami, bagaimana cara membenarkan tanggal registrasi masuk salahnya , padahal klo dimenu registrasi nya sdh benar tanggalnya

      Delete
    3. Tunggu saja dulu beberapa waktu karena sepertinya yang eror itu sistemnya. Saya coba mengisi registrasi 2 jenis, sebagian diisi tanggal 01 Juli dan lainnya 16 juli. Smuanya invalid

      Delete
  26. Tarik siswa dari TK ada 2 anak yang tidak bisa di tarik, sudah saya ulang beberapa kali tapi tetap tidak bisa, itu kenapa ya pak... Sudah saya buat 100 baris juga

    ReplyDelete
  27. Jika terlanjur buat rombel kelas 1 sebelum tarik PD, gimana solusinya???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jika ada siswa yang dari RA atau Paud yang tidak bisa ditarik online, masukan secara manual di dapodik, minimal satu saja agar tidak invalid jika sinkron. Jika tidak ada, hapus saja dulu rombel kelas 1, sinkron dulu, setelah murid masuk, buat rombel.

      Delete
  28. Maaf, kenapa siswa yang dari TK ketika proses tarik online tidak mau tersimpan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jika belum tersimpan, ulangi saja tarik onlinenya. Dalam tampilnnya pilih yang tampilan yang 100 agar seluruh siswa tampil dalam satu halaman

      Delete
  29. kalau sudah terlanjur input peserta didik secara manual bagaimana Pak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk SD tidak masalah. Menu tambah siswa baru di dapodik masih aktif, berarti diperbolehkan tambah PD baru secara manual.

      Delete
  30. maaf mau tanya.. ini saya tarik pd baru.. cm salah klik nama. dan terlanjur tersimpan. gm ya? �� mohon bantuannya.. terima kasih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dapodiknya sinkron dulu agar siswa tersebut masuk ke dapodik. Kemudian jika telah masuk dapodik, keluarkan siswa tersebut dengan alasan lainnya. Terus sinkron lagi dapodiknya.

      Delete
  31. Mau nanya mib, saya menarik pd bru online, sesudah datanny masuk ad yg warning direferensi tntng pekerjaan org tua. Sudah saya perbaiki tpi tidsk bisa d simpan krna error katanya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biasanya ada pengisian data yang salah yang ditandai dengan kolom yang berwarna merah. Perbaiki kesalahannya dan simpan

      Delete
  32. Maaf mau tanya nih. saya mau tarik salah satu siswa dari SD lulus tahun 2017 (tahun lalu) tapi kenapa kok nama siswa tersebut tidak ada ya di lulusan SD tahun 2017.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apakah siswa tersebut tahun kemarin tidak pernah mendaftar di sekolah lain sebelum tahun ini mendaftar di sekolah anda? cobi cek atau tanyakan kepada anak tersbut. Karena jika dia pernah masuk di sekolah lain, mungkin datanya masih ada di sekolah tersbut.

      Delete
  33. mau tanya saya udah masukan data siswa baru kls 1 manual di dapodik,, terus saya tarik lagi siswa baru lewat tarik siswa tapi belum singkron, apakah nanti akan terjadi siswa ganda?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Akan terjadi siswa ganda jika data manual di dapodik tidak dihapus. Jika belum sinkron sebaiknya hapus saja data siswa yang ditulis manual di dapodik, kecuali siswa yang tidak bisa ditarik secara online.

      Delete
  34. Kalau data siswanya ada yg ganda salah satunya bisa di hapus?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa. Caranya dikeluarkan melalui menu registrasi di dapodik dengan alassan lainnya.

      Delete
  35. saya tambahkan PD baru manual, ternyata ada kesalahan ketik NIK, belum di setujui admin Kab. ada solusi untuk perbaiki di online atau di aplikasi?

    ReplyDelete
  36. Pak mau tanya, saya sudah tarik PD dari TK tapi belum muncul juga di siswa terdaftar . Apa perlu diulang tarik lagi?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sudah sinkron belum? jika sudah sinkron cek dengan teliti di dapodik siswa barunya. Jika masih belum masuk, ulangi lagi tarik PD di dapodikdasmen kemudin sinkron kembali .

      Delete
  37. Salam Kenal, Saya OPS SD saya telah input manual PD baru termasuk PD yg ada NISN saya input manual NISN nya... apakah bisa?? terima kasih atas bantuannya.

    ReplyDelete
  38. Mau nanya,kalo terlanjur isi manual,sudah singkron lantas tdk nama yg di TKnya salah input..NISN tdk bisa terbaca krna beda nama, gimana perbaikinya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jika sudah terlanjur isi manual dan beda nama sehingga NISNnya tidak muncul, maka biarkan saja anak itu mendapat NISN yang baru. Tapi jika masuknya lewat tarik online dan NISN nya terbaca tetapi namanya tidak sesuai dengan dokumen akta kelahiran, bisa diperbaiki di verval PD.

      Delete
  39. jika siswa sudah pernah tarik online tp krn kekeliruan siswa tersebut saya hapus dari dapodik pas mau tarik online lagi data siswa tersebut tidak bisa masuk, apakah harus input manual atau ada cara lain????

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba input manual dulu dan setelah sinkron, cek di dapodikdasmen.

      Delete
  40. Malam min.. ada beberapa siswa yg dari mts sy tambahkan secara manual, sudah bbrpa hari pas sinkron blm masuk dapodik,brp lama ya sampai mereka diizinkan masuk.. tunngu saja, ato perlu menghubungi dinas pendidikan setempat?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siswa dari MTS yang ditambahkan manual harus konfirmasi ke dinas pendidikan dulu baru bisa masuk ke daapodik

      Delete
  41. Min ,setelah tarik online apakah nama siswa tsb masih ada d TK nya?karena saat saya tarik online berhasil disimpan,namun ketika saya cb buka kembali To my,nama siswa msh ada.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nama siswa yang berhasil di tarik dari TK/Paud, namanya tetap ada di dapodik TK. Itu bukan masalah

      Delete
  42. tanya pak, kenapa siswa tarik luar dapodik sudah masuk ke dapodik tp tidak bisa edit NIK?

    ReplyDelete
    Replies
    1. SD atau SMP?...seharusnya bisa, ya. Soalnya dicoba di dapodik sekolah saya bisa (SD). Tapi jika memang tidak bisa, perbaiki di vervalpd saja.

      Delete
  43. as.. kok PD baru belum jga masuk ke dapodik padahal sdah disingkronkan.. mhon slusinya pak..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. PD nya tarik online atau input manual online? Kalau input manual onine, harus konfirmsi dulu ke dinas. Cek juga di daftar antrian dapodik, kalau2 siswanya belum masuk kelas. Jika masih tidak ada, ulangi saja tarik PD nya.

      Delete
    2. This comment has been removed by a blog administrator.

      Delete
  44. Sebagian siswa baru invalid di vervalpd,jadi belum memiliki NISN,tanggal registrasi sudah diperbaiki dapodik sudah disinkron ulang tapi tetap invalid..bagaimana solusinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biarkan saja,nanti jika sudah ada nisn semua akan normal kembali

      Delete
  45. mau nanya...Apakah ada pengaruhnya kalo saya input manual pesertadidik juga saya tarik online dan punya nama yang berbeda yang diinput di TK namanya Pake Muh. dan saya input manual namanya Pake Muhammad dan itu yg sesua dengan Akta kelahiran..saya mau ubah di verval PD tidak bisa karna namanya sudah benar

    ReplyDelete
  46. Kalo...salah input NISN waktu inputmanual gimana cara mengubahnya.

    ReplyDelete
  47. siang..., menarik siswa pindahan apa perlu verifikasi juga ke dinas untuk jenjang SD soalnya dapodik sudah saya sinkron tpi siswa pindahan belum masuk juga ke dapodik. makasi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak perlu kalau siswa pindahan. Cek di dapodik di daftar antrian kalau2 belum masuk kelas.

      Delete
  48. min bagaimana cara memasukkan PD pada dapodik baru ? untuk sekolah baru? salnya mau isi manual tidak bisa, untuk tarik data, dapodik tidak bisa di singkron karena peserta didik tidak ada sama sekali ? tulung minnnnn

    ReplyDelete
    Replies
    1. Admin belum memiliki pengalaman memasukan siswa di sekolah baru. Tapi sekedar saran : Coba jangan dulu buat rombel di dapodik sebelum sinkron. Jika terlanjur sudah buat rombel, hapus dulu agar tidak invalid

      Delete
  49. mau tanya nih,,,
    siswa pindahan sudah dimutasikan dari sekolah asal,, tetapi berulang x dicek di data.dikdasmen nama siswa tetap tidak muncul juga,,, bisakah ditambahkan manual??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kemungkinan belum dikeluarkan oleh operator sekolah asal. Jika punya kontaknya hubungi opsnya supaya dikel uarkan. Jika tetap saja tidak ada respon, jalan terakhir dimasukan secara manual saja.

      Delete
  50. Min klo semua PD sudah ditarik, apa perlu untuk registrasi lagi ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maksudnya registrasi di Dapodik? ya sesuiakan dengan tanggal masuk sekolah/sesuai kalender pendidikan

      Delete
  51. saya mau tambah siswa pindahan secara manual, tapi ketika di klik menu tambah ada pemberitahuan begini,"fungsi tambah peserta didik telah di nonaktifkan", gimana solusinya ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jika siswanya berasal dari seklah di bawah naungan Diknas, harus melalui tarik online. Namun jika berasal dari MI atau MTS bisa ditambahkan secara manual di dapodikdasmen login sekolah secara online. Namun Jika menambah siswa manula di dapodikdasmen perlu konfirmasi ke dinas sebelum sinkron

      Delete
  52. saya mau menarik peserta didik tapi setelah masuk knp yng muncul malah sekolah tk. mohon solusinya.

    ReplyDelete
  53. saya mau menarik peserta didik tapi setelah masuk ke peserta didik baru knp pilihan sekolah yng muncul TK seharusnya SD. solusinya gmn ya??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siswa yang ditariknya siswa baru atau pindahan? jika siswa pindahan, pilihnya jangan menu peserta didik baru , tapi menu mutasi di sebelahnya.

      Delete
  54. mau tanya apabila kita sudah menginput data siswa mutasi diluar dapodik lewat dapodikdasmen, terus ada kesalahan tanggal , bagaimana cara menghapusnya
    terimakasi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Input saja lagi data siswanya dengan benar sehingga ada dua data siswa, nanti ketika konfirmasi ke dinas, siswa yang dikonfirmasi adalah siswa yang benar datanya, yang salah minta ditolak saja..

      Delete
  55. Assalamu alaikum, mau nanya, aq sudah tambah PD di luar Dapodik namun masih pending ada juga yang ditolak dan ada juga yang diterima. Gimana solusinya? Terima kasih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikum salam Wr.Wb. Yang melakukan konfirmasi siswa yang dimasukan secara online manual (tambah PD di luat dapodik) adalah admin Dinas Pendidikan. Jadi untuk lebih jelasnya harus ditanyakan ke dinas setempat alasan siswa yang ditolak oleh dinas.

      Delete
  56. Ass. pa saya tarik onlne PD dari TK, data sudah masuk ke aplikasi dapodik, tapi data nya tidak ada di verval PD dan sampai hari ini PD tsb belum memiliki NISN. klo yang input manual semuanya sudah memiliki NISN karena PD tsb muncul di verval PD. bagaimana pa solusi nya agar PD yang dimasukan dengan tarik online tsb bisa memiliki NISN? terima kasih

    ReplyDelete
  57. assalamualaikum.
    pa saya tarik online PD baru dari TK, dan sudah masuk aplikasi dapodik tapi tidak ada di verval PD dan sampai hari ini PD tersebut belum memiliki NISN.
    bagaimana solusi nya ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biasanya PD yang belum memiliki NISN adanya di menu "Belum Memiliki NISN". Coba cek di sana. Jadi kalau belum punya NISN biarkan saja, nanti juga admin pusat akan memberikan NISN untuk anak2 tersebut.

      Delete
  58. di verval PD anak tsb tidak muncul, termasuk di menu "belum memiliki NISN"
    bagaimana pa solusinya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba sinkronkan lagi dapodiknya, tunggu satu sampai duapuluh empat jam. Nanti lihat lagi di verval PD.

      Delete
    2. data di verval belum nongol pa, mungkin harus nunggu lagi ya pa? padahal data siswa udah ok di apl.dapodik dan di manajemen.

      Delete
  59. Maaf kak mau tanya. Kenapa data siswa baru dari dapodikdasmen tidak otomatis masuk ke aplilasi dapodik ya. Padahal saya sudah melakukan sinkronisasi berulang kali di aplikasi dapodik. Mohon pencerahannya kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba lihat di dapodik, di Menu rombel-Reguler. Klik kelas 1 , klik anggota rombel. Liht di sebelah kanan, biasanya siswa berada di sana di daftar antrian belum masuk kelas. Jika ada masukan ke kelas 1 dengan jenis pendaftaran siswa baru

      Delete
  60. mau tanya, bagaimana solusi mengatasi rombel kelas 7 tidak memiliki anggota rombel. padahal saya sudah tarik secara online. sayapun blm bisa sinkronisasi PD baru agar masuk ke aplikasi dapodiknya krna masalah yg di atas td. mohon bantuannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jika belum sinkron, jangan dulu buat rombel kelas VII karena akan invalid. Kalau sudah membuat rombel, hapus saja dulu. setelah sinkron baru buat kelas VI.

      Delete
  61. Maaf pak, saya sudah lakukan ini "Jika semua peserta didik kita tarik secara online dan di dapodik telah dibuatkan rombelnya (rombel kelas 1 untuk SD atau rombel kelas VII untuk SMP) maka ketika divalidasi akan terjadi invalid di data rombel karena rombel kelas I atau kelas VII tidak memiliki anggota rombel, dan otomatis tidak bisa sinkron. Solusinya adalah, masukan satu orang siswa secara manual di dapodik" dan saya sudah buat rombel kelas VII. PD baru masih tetap tidak muncul. mohon solusinya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sinkronnya sudah berhasil , belum? Jika sudah Coba lihat di dapodik, di Menu rombel-Reguler. Klik kelas 1 atau VII , klik anggota rombel. Liht di sebelah kanan, biasanya siswa berada di sana di daftar antrian belum masuk kelas. Jika ada masukan ke kelas dengan jenis pendaftaran siswa baru

      Delete
  62. maaf pak, mau tanya. berapa lama menunggu data peserta didik masuk di verval pd setelah update versi terbaru?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya kuring begitu tahu. Tapi, pengalaman pengerjaan dapodik di sekolah saya. Ketika dua atau tiga hari setelah sinkron, saya cek di verval pd, siswanya sudah masuk.

      Delete
  63. Pak, mau tanya, tiba - tiba username dan password tidak cocok karena apa ya? Bagaimana solusinya? Padahal password dan username ny sesuai dengan dapodik,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maksudnya User name dan Password untuk masuk dapodikdasmen? User id dan password yang digunakan sama dengan user name dan password dapodik. Perhatikan cara penulisannya, besar kecil huruf, karakter dan lain2 harus sama. Atau barangkali user id dan pasword dapodiknya diubah.....jika di ubah biasanya ada jeda waktu untuk bisa masuk ke dapodikdasmen.

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete
  64. Maaf pak, gimana solusinya kalau saya tarik PD yang salah dan terlanjur sudah masuk di dapodik?

    ReplyDelete
  65. Dikeluarkan saja di dapodik. Klik siswanya, pilih registrasi, keluarkan dengan alasan lainnya

    ReplyDelete
  66. Selamat pagi pak..
    saya ada kendala di siswa SD Pindahan dari luar negeri
    dari thun lalu data siswa tsb tidak juga memiliki NISN,, data di vervalpd masuk ke belum memiliki NISN, tapi tidak ada muncul tombol mutasi. solusinya gmna ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini kasus yang spesial karena siswa berasal dari luar negeri sehingga dia belum punya database di sistem dapodikdasen. Lebih baik konsultasikan ke dinas pendidikan. Apalagi sudah satu tahun belum punya NISN

      Delete
    2. saya sudah konsultasi k dinas pendidikan ktanya harus ke pusat, saya dtg ke pusat agustus ktnya suruh tunggu september nnti muncul ternyata tidak, saya telp lagi pusat katanya suruh tggu. nah saya bngung sedangkan anak ini kelas 6, di pdun merah karena tidak ada NISNnya

      Delete
  67. maaf, mohon pencerahannya
    ada 1 orang siswa pindahan, sudah saya tarik online dan sudah masuk k data dapodik sekolah saya. tetapi kemarin saat saya syncron anak tersebut hilang dari data dapodik, saya cek di verval pd jg tidak ada teeapi dimanajemen sekolah ada, bagaimana caranya agar data anak tersebut kembali lagi seperti semula (kembali masuk dan terdaftar di data dapodik sekolah)???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lho kok bisa hilang dari dapodik? Cek dulu di daftar antrian (klik menu rombel-reguler-klik kelas dan klik anggota rombel), barangkali belum masuk ke kelas. Jika memang hilang, coba tarik online lagi .

      Delete
  68. mengapa di aplikasi saya untuk menambah peserta didik baru sekolah asalnya tidak dapat muncul untuk dipilih?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sekolah asal yang tidak muncul, biasanya adalah sekolah asal yang belum resmi terdaftar di dinas pendidikan atau tidak berada di bawah naungan dinas pendidikan. Jika tidak ada sekolahnya, masukan secara manual saja.

      Delete
  69. selamat siang pak, saya mau tanya, siswa saya ada yg belum memiliki NISN, padahal dia udah kelas 6, dia masuk tahun lalu, dan di dapodik saya sudah registrasi sebagai murid pindahan, di rombel juga saya buat sebagai murid pindahan, tapi kenapa ya pak sampai sekarang NISN nya blm keluar juga? Terimakasih ya pak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk masalah ini admin tidak bisa menjawab lebih jauh karena kewenangan memberikan NISN ada di pusat.

      Delete
  70. mengapa saat mau masuk di kelola data ko user dan password tidak cocok padahal sdh sesuai dengan yang di dapodik,mohon pencerahannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cek kembali penulisannya, huruf besar kecilnya, karakter dll.

      Delete
  71. Sy sdh tarik PD untuk kelas VII dari Kelola Data. Tapi setelah selesai, sy lihat di Dapo nama siswa yg saya tarik tadi blm muncul. Mengapa ya?

    ReplyDelete
  72. Min punya contoh surat approve siswa tambah diluar peserta didik untuk ke dinas? soalnya kalo MTs engga bisa tarik online.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak punya. Di ketik saja daftar siswa yang ditambah secara manual online. Ditandatangani kepsek.

      Delete
  73. saya baru tarik online siswa kelas 6 TA 2018/2019 dan sudah di sinkonkan dapodiknya, tetapi sampai sekarang belum masuk ke PDUN. Butuh berapa lama siswa tersebut masuk ke PDUN?...terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tunggu saja beberapa hari ke depan. Biasanya jika siswa sudah masuk di dapodik dan di dapodikdasmen, siswa akan masuk di PDUN. Cek di Verpalpd apakah siswa tersebut sudah masuk?

      Delete
  74. Ini kita terlanjur buat data baru via online dan memasukannya ke rombel kelas 9 karena siswa tersebut pindahan dari MTs. Ternyata pada saat pendataan ujian nasional siswa tersebut nisnnya ganda dengan data siswa tsb dari SD negeri. Mau batalkan registrasi di dapodik ternyata tidak bisa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cek terlebih dahulu Nisn siswa tersebut, mana yang valid/benar di : http://nisn.data.kemdikbud.go.id/page/data . Untuk mengeluarkan siswa dari dapodik pilih registrasi, keluarkan dengan alasan lainnya.

      Delete
  75. tarik PD yang daftar di dapodiksmen/ dftar luar dapodik 2019. kok gak bisa ditarik

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sudahkah langkah-langkah di atas dicoba? seharusnya bisa, atau mungkn server lagi subuk, coba di kesempatan lain

      Delete
  76. saya mau tanya saya sudah menambhkan peserta didik diluar dapodik krn tk nya tidak ada didapodik maka tidak bisa tarik online.setelah saya tambhakn dan sinkron tidak masuk dalam dapodik dan dicek dimanajemen data ada keterangan pending maksudnya apa ya pak??mohon pencerahanya. terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jika menambah peserta didik secara manual dilakukan di dapodikdasmen, maka harus konfirmasi ke dinas dulu, baru nanti bisa masuk ke dapodik. Tapi Jika menambahnya secara manual di dapodik, tidak perlu konfirmasi ke dinas.

      Delete
  77. Mau nanya, format untuk penulisan nis SMP gimana yah? Terima kasih

    ReplyDelete
  78. Mav mau tanya kalau data anak didik baru sudah di input dan ketika di regristasi data anak hilang, itu kenapa y terus solusinya Gimana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cek dulu dengan teliti. Jika benar hilang, harus diinput kembali

      Delete
  79. Selamat pagi. bagaimana ini solusinya untuk siswa MTs atau MI yang sudah masuk di dapodik tapi saat pengisian data rincinya khususnya di data rinci orang tua nik ayahnya tidak bisa diisi. terkadang sudah terisi semua tapi gagal disimpa,padahal semua kolom sudah lengkap diisi.mohon solusinya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kasus ini (tidak bisa menyimpan) biasanya disebabkan ada kolom isian yang terisi salah (biasanya ada angka 0) dan kolom isiannya akan berwarna merah. Hapus angka 0 nya dan klik simpan.

      Delete
  80. Selamat malam,
    Saya ingin bertanya. Adik saya tamat SMA Luar Negeri namun bukan SRI dan tidak memiliki NISN. Bagaimana cara mendapatkan NISN? Karena untuk mengikuti SBMPTN dibutuhkan nomor tersebut. Terima kasig

    ReplyDelete
    Replies
    1. NISN diperoleh ketika siswa berada di jenjang TK atau SD di dalam negeri atau sekolah RI di luar negeri. Apakah adik anda sejak TK/SD sekolahnya di luar negeri? Jika ya, saya kurang begitu faham cara memperoleh NISN untuk siswa yang sekolah di luar negeri. Coba konsultasi dengan Kemendiknas atau Kemenristekdikti.

      Delete
  81. Ass.. Maaf mau nanya.. Apakah siswa pindahan dari swasta boleh dmasukan manual / tidak ke dapodik.. Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maksudnya secara manual online di dapodikdasmen? Bisa, tapi harus konfirmasi ke Dinas setempat.

      Delete
  82. mau tanya ada siswa belum pernah di inputkan di dapodik namun sudah kelas 3 dikarenakan sekolah baru mendapat ijin operasional sehingga baru menggunakan aplikasi dapodik, sekarang saya mau input ke dapodik untuk pilihan pada rombelnya saya pilihnya yang mana? siswa baru,atau gmn?mohon pencerahan

    ReplyDelete
    Replies
    1. SD atau SMP? Jika untuk SD, di dapodik pilih menu peserta didik-peserta didik pilih tambah , yang menunya ada di sebelah tambah peserta didik baru

      Delete
  83. Permisi p\k /ibu
    Anak saya dikeluarkan dari dapodi tagl 31 januari apakh anak saya masih bisa mengikuti ujian di sekolah baru ya???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba konsultasikan dengan sekolah yang baru apakah anak anda sudah masuk di daftar peserta ujian?

      Delete
    2. Coba tanyakan ke guru atau ops di sekolah baru, apakah putra anda sudah masuk di daftar peserta ujian untuk tahun 2019?

      Delete
  84. maaf admin, kenapa ya saya sudah input peserta didik baru, tapi ga tersimpan? padahal saya sudah isi kolom yang wajib.. mohon bantuannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biasanya ada kolom yang terisi salah (biasanya angka 0) dan kolomnya berwarna merah. Cari kolom yang terisi salah dan hapus.

      Delete
    2. saya sudah cek... kolom yg berwarna merah dan kolom lain sy isi benar.
      tapi ga bisa tersimpan juga mas????

      Delete
  85. Assalamualaikum. Pak saya sudah melakukan penambahan PD diluar dapodik, tetapi setelah tersimpan, data PD muncul banyak sekali dengan data PD yang sama. cara menghapusnya bagaimana ya pak? apa harus ke dinas kota? terimakasih

    ReplyDelete
  86. Data pd yang muncul banyak itu posisinya dimana, di dapodik atau di daftar tunggu persetujuan dinas dapodikdasmen. Kalau data gandanya di dapodik, keluarkan saja lewat menu registrasi. Jika data gandanya ada dalam antrian menunggu persetujuan di dapodikdasmen tinggal hubungi dinas saja minta hanya satu saja yang disetujui dari sekian banyak data yang ganda. Yang tidak disetujui dinas otomatis tidak akan masuk ke dapodik.

    ReplyDelete
  87. Maaf, min,mau tanya,ada siswa pindahan dari luar pulau, dia kelas 2 SD, tapi di rombel dapodik, masuk kelas 1 SD. Sudah dikeluarkan dari rombel kls 1, ketika mau di masukan ke rombel kls 2, nama siswa tsb tdk muncul,bagaimana solusinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Persis yang saya alami kemarin. Itu disebabkan karena ketika proses tarik online di dapdikdasmen, kelas tujuan tidak dipilih. Ketika proses mutasi melalui tarik pd secara online, seharusnya pilih kelas tujuan (berarti pilih kelas2), karena kalau tidak, anak itu hanya bisa dimasukan ke kelas 1(Di dapodik 2019.c tidak bisa memindahkan siswa antar kelas, harus minta bantuan ops Dinas).Solusinya harus tarik ulang didapodikdasen, jangan lupa pilh kelasnya. Sinkronkan kembali dapodik. Insya |Allah datanya tidak akan ganda karena yang salah otomats terhapus. Atau bisa juga minta bantuan ops dinas

      Delete
    2. Pak Nana, kasus saya sama dengan kasus Pak Nana sama pak ading, gagal memasukkan siswa pindahan ke rombel yg seharusnya karena waktu tarik online lupa memilih rombel... Trus saya coba tipsnya tapi rombelnya tidak bisa kebuka. Mohon solusinya. Terima kasih

      Delete
    3. Rombel dimana yang tidak bisa terbuka? di dapodikdasmen atau dapodik lokal?. Coba ulangi sekali lagi . Jika cara itu tetap tidak bisa, jalan terakhiir adalah menghubungi ops dinas, karena hanya ops dinas yang bisa memindahkan kelas

      Delete
  88. Mlm pak nana,saya ops mohon solusinya,saya mau tarik pesrta didik dngn cara online tetapi di plihan menu sekolh aasalnya tdk bisa mncul,padahl sdh isi semua propin,kab dan kec.mohon bantuannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada beberapa kemungkinan sekolah asal tidak ada/terdaftar di dapodikdasmen : 1) Nama sekolah salah/keliru, 2) sekolah asal belum menggunakan dapodik atau 3)sekolah tidak berada di bawah naungan depdiknas. Coba cek kembali nama sekolahnya kalau2 salah. Jika no 2 atau 3 penyebabnya, maka siswa tidak bisa ditarik online. Untuk SD siswa bisa dimasukan secara manual di dapodik, hanya penempatan kelas tetap harus minta bantuan dinas untuk maping kelas karena di dapodik siswa hanya bisa dimasukan ke kelas 1 . Sedangkan untuk SMP dan SMA harus menghubungi dinas setempat.

      Delete
  89. Mohon solusinya
    Saya ada masalah jenis pendaftaran ketika mapping siswa pindahan kedalam rombel kelas 8 dengan jenis pendaftaran " SISWA BARU " seharusnya " PINDAHAN ". tyus saya lakukan keluarakan PD dari rombel tersebut. Ketika ingin mapping kembali nama siswa tersebut tidak ada di tabel sebelah kanan pada mapping rombel kelas 8, namun ketika mapping di kelas 7 nama siswa tersebut ada di tabel kanan kelas 7. Kohon solusinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu terjadi karena ketika tarik online tidak diisi kelas tujuan, jadi otomatis sistem menganggapnya kelas 7. Solusinya adalah tarik ulang dan tentukan kelas tujuan atau minta bantuan ops dinas untuk memasukan ke kelas yang sesuai .

      Delete
  90. salam Admin.... Kalo d Dapodiknya udah ada nama tapi waktu mau masukan ke rombel namanya tidak ada... kira2 solusinya gmn gan....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin waktu tarik data tidak ditentukan kelas tujuan. Jika tidak ditentukan kelas tujuan, siswa mutasi hanya bisa masuk ke kelas awal. Coba cek di ombel awal (kelas 1 jika SD atau 7 jika SMP atau 10 jika SMA). Solusinya tarik ulang dengan menentukan kelas tujuan atau minta bantuan ops dinas untuk masukan kelas.

      Delete
  91. Siwa pindahan kelas 5 tidak bisa masuk rombel kelas 5
    Tapi ke kelas 1 yng bisa
    Bagaimana solusinya buk?
    Terimkasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sekarang, jika tarik online, harus menentukan kelas tujuan. Jika tidak, siswa hanya bisa dimasukan ke kelas 1. Solusinya, tarik kembali siswa tersebut dan sinkron kembali, tapi jangan lupa pihih kelas tujuan (kelas5). Atau hubungi admin dinas untuk memindahkan siswa tadi ke kelas 5 karena hanya admin dinas yang punya akses untuk mapping siswa.

      Delete
  92. Salam Admin. .
    kemarin saya Salah klik,ada siswa yg saya keluarkan padahal Dia masih aktf sekolah ..Mau klik "batal"tidak Ada lagi pada aplikasi terbaru 2019.c..gimana solusinya . Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tarik secara online dari dapodikdasmen, sebagaimana menarik siswa pindahan dari sekolah lain. Pilih sekolah asalnya dari sekolah anda sendiri. Jangan lupa pilih kelas tujuan agar siswa langsung masuk ke kelas semula.

      Delete
    2. Sebelum tarik onnline, sinkronkan dulu dapodik dan tunggu 1 s/d 24 jam, baru tarik kembali siswa tersebut.

      Delete
  93. Saya mau tanya pak ada siswa saya yg tidak masuk rombel, siswa tersebut kelas 8 dan 9 tapi waktu kita buka rombel kls 8 dan 9 tidak ada nama siswa tersebut di sebelah kanan
    Nama siswa tersebut di rombel kelas 7 yang ada, gmn solusi nya pak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siswa pindahan ya? Jika itu siswa pindahan, tarik ulang di dapodikdasmen dan jjangan lupa tentukan kelas tujuan karena di dapodik 2019 tidak bisa maping kelas. Siswa mutasi jika tidak ditentukan kelas tujuan ketika tarik pd akan masuk di kelas awal. Atau hubungi operator dinas, karena hanya mereka punya akses untuk maping kelas.

      Delete
  94. bagaimana ya cara memasukkan kembali siswa yang sudah terlanjur di keluarkan dari dapodik dengan status putus sekolah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba tarik secara online dari Dapodikdasmen-login sekolah. Jika itu tidak bisa, langkah terakhir hubungi operator dinas

      Delete
    2. Pak nana..saya mau tanya..ada siswa pindahan..ketika mau tarik online..nm siswa ini tidak ada di sekolah asal pindahannya..sy tnya ke operator..kata ops memang siswa ini tidak ada nama nya di sekolah trsbt.di PD keluar jugq tidak ada nama nya..kata ops sekolah pindahan trsebut.menyarankan di tarik manual saja.kemudian saya coba tarik di sekolah SMP siswa trsebut.tp nama siswa ini juga tidak ada..sy coba tarik manual dan saya sinkron kan..dan brhasil masuk di dapodik..akan tetapi siswa ini namanya tidak muncul di Verval PD.pdahal sudah 3 hari sampai sekarang siswa ini blm juga muncul di verval PD..
      Bagaimana solusi nya spy siswa ini bisa muncul di verval PD pak...?

      Delete
  95. Pak nana.saya mau tanya..ada salah satu siswa pindahan...saya coba tarik online tapi nama siswa trsbt tidak ada di sekolah asalnya/pindahan.saya coba tanya langsung ke operator sekolah pindahan siswa trsbt..kata operator nya..memang siswa ini tidak ada namanya di dapodik..di lihat dari PD keluar juga tidak ada siswa trsbt.kemudian saya coba tarik dari sekolah smp nya.juga tidak ada nm siswa trsbt..kemudian saya coba tarik manual saja di dapodikdasmen..dan sudah berhasil dan masuk di dapodik siswa trsbt..akan tetapi siswa ini tidak muncul di verval PD..
    Sudah 3 hari siswa ini masuk di dapodik tapi sampai hari ini belum juga muncul nama siswa ini di verval PD.
    Bagaimana solusinya supaya siswa ini muncul di verval PD pak...?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini kasus yang aneh menurut saya. Nama siswa tidak masuk di dapodik sekolah asal, bahkan di sekolah sebelumnya (SMP). Padahal seharusnya jika siswa tsb bukan siswa abal-abal, pasti ada riwayatnya di dapodik. Normalnya jika siswa masuk dapodik, secara oomatis dia akan masuk verval pd. Mungkin karena ketidaknrmalan itu yang menyebabkan dia tidak masuk dapodik. Untuk masalah seperti ini lebih baik konsultasikan dengan dinas setempat

      Delete
  96. Masalahnya juga sama seperti saya pak.. Kalau di saya siswa itu bukan siswa pindahan tapi siswa lama yang baru ditarik namanya. Jadi solusinya gimana pak? apa dikeluarkan dulu baru ditarik kembali? mohon bantuannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama masalahnya dengan bagian yang mana? tidak masuk ke verval pd kah maksudnya?

      Delete
  97. selamat malam pak Nana..
    mohon bantuan, sekolah kami baru izin operasional dan NPSN baru keluar dan data dapodik masih kosong, ketika tarik di dapodik online sudah bisa, tapi belum masuk ke dapodik lokal.
    agar bisa masuk dapodik lokal harus di singkronkan, tapidapodik lokal tidak bisa disingkron, sebab menu peserta didik invali keterangannya * data peserta didik kosong
    mohon solusi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. Sekolahnya tigkat SD atau SMP? 2. Data siswa yang kosong apakah siswa kelas awal atau semua kelas?
      Jika sekolahnya tingkat SD dan siswa yang kosongnya kelas awal (kelas 1), agar bisa sinkron, isi dulu secara manual satu atau dua siswa kelas 1, lalu sinkron. Jika sekolahnya SD dan semua siswa masih kosong (kelas 1 s.d 6 belum masuk dapodik) maka harus menghubungi ops dinas, karena tidak bisa memasukan siswa kelas 2,3,4,5,dan 6 secara manual di dapodik.Demikian pula jika sekolah SMP, karena tidak bisa memasukan siswa baru dan siswa kelas 2 dan 3 secara manual di dapodik, hubungi saja ops dinas.

      Delete
  98. mau nanya...
    bagaimana solusinya apabila salah kelas tujuan pada saat menarik siswa pindahan..
    mohon bantuannya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tarik ulang dan tentukan kelas tujuan atau hubungi ops dinas untuk maping kelas

      Delete
  99. MAU NANYA, ada siswa kita pindah sekolah tapi tidak memakai surat pindah, sekolah sudah memberikan semua persyaratan sudah dijelaskan oleh sekolah. tapi tetap peserta didik mau bersekolah di sekolah kita. sekolah juga sudah berhubungan langsung dengan sekolah asalnya. namun karena sianak lari dari sekolah asal karena ortunya broken home dan meninggalkan daerah asal pindah ke Sumatera Utara dari NTT.
    nah sekarang, bagaimana cara kita untuk menambahkan sianak tersebut kedapodik kita tanpa dikeluarkan dari dapodik asal? mohon infonya.

    ReplyDelete